Sukses

VIDEO: Perburuan Tak Terkendali, Hiu Paus Terancam Punah

Populasi hiu paus yang panjangnya bisa mencapai 4-6 meter makin mengkhawatirkan.

Liputan6.com, Kepulauan Seram - Hiu paus adalah salah satu jenis hiu yang kian langka. Dulu, di Perairan Seram, Maluku, banyak terdapat hiu paus. Namun maraknya perburuan oleh nelayan membuat populasi hiu paus yang panjangnya bisa mencapai 4-6 meter makin mengkhawatirkan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (13/3/2016), upaya menyelamatkan hiu paus pun dilakukan para pecinta lingkungan dan satwa. Aksi ini bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut. 

Di perairan Pulau Kasumba, Kabupaten Seram Bagian Barat, dibuat konservasi atau suaka berbentuk kurungan jaring seluas 3.000 meter persegi bagi hiu paus. Sekarang di konservasi itu terdapat beberapa ekor hiu paus yang sebagian terluka di tubuh dan sirip.

Para nelayan memburu hiu paus untuk dimakan. Padahal, ikan itu termasuk dilindungi.

Pertumbuhan populasi hiu paus sangat rendah. Selain karena perburuan, faktor lainnya adalah fekunditas rendah, jumlah anakan sedikit dan lambat dalam mencapai matang kelamin.

Selain di perairan Pulau Seram, di Indonesia hiu paus ditemukan di beberapa perairan seperti Sabang, Pantai Utara Jawa Timur, Bali dan Papua. Banyak memang, tapi bila perburuan tak segera dikendalikan, tak mustahil hiu paus bisa benar-benar punah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.