Sukses

Ribuan Jiwa dan Ratusan Rumah Terdampak Banjir Kali Winongo Yogya

Selain kawasan perkotaan di Yogyakarta, luapan Sungai Winongo juga menerjang Bantul dan Sleman.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sungai Winongo, Kota Yogyakarta, meluap dan membuat ribuan warga terdampak banjir yang terjadi kemarin malam Sabtu 12 Maret 2016. Forum Komunikasi Winongo Asri (FKWA) Daerah Istimewa Yogyakarta Endang Rohjiani mengungkapkan, warga yang terdampak banjir tadi malam ada di wilayah perkotaan.

Ia mencatat ada beberapa titik yang terdampak banjir seperti di wilayah Bener, Kricak, Pingit, Pringgokusuman, Pakuncen, Yogyakarta. Dari beberapa titik tersebut terdampak paling parah ada di wilayah Bener Sidomulyo, ada sekitar 1.200 jiwa yang terkena banjir.

Sementara di Kricak RT 1 RW 1, RW 9 ada lebih dari 15 rumah terdampak. Pingit RW 3, Bumijo Yogya ada 10 kepala keluarga yang terkena banjir di Sungai Winongo. Adapun di wilayah Pringgokusuman RW 25, ada 10 rumah terkena banjir, RW 3 ada 3 rumah dan RW 1 ada 5 rumah. Sementara RW 10 Pakuncen ada 5 KK.

"Paling parah dan paling berat kerusakannya ada di Bener RW 3 dan RW 4. Terendam semuanya yang jelas perkakas rumah tangga hanyut," ucap Endang kepada Liputan6.com, Minggu (13/3/2016).

Endang mengungkapkan pula, selain wilayah perkotaan tercatat ada beberapa kawasan lainnya yang juga terdampak seperti di Sleman dan Bantul yang dilewati Sungai Winongo.

Ia mencatat di wilayah Kragilan, Sleman ada 15 KK dengan 80 jiwa terdampak banjir Sungai Winongo. Sementara di Bantul ada di Glondong, ada 26 KK dengan 90 jiwa. Di Jogonalan Lor, Tirtonirmolo Kasihan, Bantul yang terdampak banjir sekitar 22 rumah.

1.790 Korban Banjir

Namun jumlah ini masih bisa bertambah mengingat pihak FKWA masih terus menghitung berapa jumlah rumah yang terdampak banjir Sungai Winongo. Termasuk satu rumah yang hanyut.

"Masih ada yang belum terhitung seperti rumah yang hanyut tadi malam. Tapi kita liat dulu apakah rumah itu merupakan rumah di wilayah Bener atau Kragilan, Sleman," ujar Endang.

Endang menghitung jumlah sementara korban yang terdampak banjir Sungai Winongo tadi malam mencapai 1.790 jiwa. Ia saat ini tengah menghitung kerugian material akibat banjir bandang yang mengenai wilayah Yogya, Sleman dan Bantul ini.

Kendati demikian, ia menegaskan tidak ada korban jiwa akibat banjir ini. Saat ini posko pengungsian warga ditempatkan di Kantor Sekretariat FKWA.

"Kemarin kan hujannya jam 1 siang sampai magrib. Jadi selama 5 jam sudah banjir seperti ini. Kita masih terus catat berapa kerugiannya," tutup Endang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini