Sukses

Luapan Sungai Ciliwung Tutup Akses Jalan Inspeksi Kampung Melayu

Banjir berasal dari luapan air Kali Ciliwung yang bersumber dari Bendung Katulampa, Bogor.

Liputan6.com, Jakarta - Jalan Inspeksi yang berada di wilayah Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, terendam air. Banjir berasal dari luapan air Kali Ciliwung yang bersumber dari Bendung Katulampa, Bogor.

Air yang telah melewati tanggul kali setinggi 4 meter sudah menutupi sebagian rumah warga yang berada di RW 2, Kampung Pulo. Meski begitu, saat ini tengah diupayakan untuk penyedotan untuk mengurangi debit air yang masuk ke pemukiman warga.

"Debit air naik lagi, kita sudah siagakan pompa. Di sini ada 2 pompa, untuk yang Kampung Pulo ada 2 pompa juga, habis ini mau dikirim satu lagi pompa," kata Walikota Jakarta Timur, Bambang Musyawardhana, Selasa (8/3/2016).

Camat Jatinegara Budi Setiawan mengaku pihaknya sudah ke lokasi dan melihat langsung luapan air. Ia menuturkan, air yang menggenangi rumah warga tidak lain karena kiriman Bendung Katulampa yang semalam berstatus siaga I. Dan saat ini, air kiriman telah sampai di sejumlah kawasan di Jakarta seperti di Kampung Pulo.

Hingga siang, debit air Sungai Ciliwung masih meningkat. Berdasarkan data dari Posko Siaga Banjir Kampung Pulo, saat ini ketinggian air di Bendung Katulampa mencapai 81 cm pada pukul 11.40 WIB usai mengalami penurunan sekira 60 cm.

Sementara pintu air Depok mencapai 165 cm dan pintu air Manggarai mencapai 800 cm. Luapan air Ciliwung pun mulai menggenangi Jalan Jatinegara Barat. Dua unit pompa air dari Sudin Damkar Jakarta Timur terlihat di lokasi untuk membuang aliran ke Sungai Ciliwung.


*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.