Sukses

Kilas Indonesia: Polisi Cilacap Bongkar Industri Jamu Berbahaya

10 Karung jamu obat kuat dan obat asam urat siap jual diamankan petugas.

Liputan6.com, Jakarta - Prosesi seremonial untuk mendiang Ireng Maulana digelar siang tadi di rumah duka Darmais, Jakarta Barat. Berita itu mengawali Kilas Indonesia yang ditayangklan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (7/3/2016).

Penyanyi lawas Koes Hendratmo turut mempersembahkan nyanyian untuk sang maestro jazz yang meninggal dunia, Minggu 6 Maret dini hari kemarin. Rencananya Ireng akan dimakamkan di Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Di Sidoarjo, Jawa Timur, petugas Bea Cukai Bandara Juanda menangkap Halimah, penyelundup narkoba jenis sabu seberat 1.620 gram.

Sabu asal China yang dibawa Halimah dari Kuala Lumpur itu disembunyikannya di dasar tas, dengan cara dibungkus alumunium foil, lalu dilem dan dipaku. Jika terbukti sebagai pengedar, Halimah terancam hukuman mati.

Di Cilacap, Jawa Tengah, belasan drum berisi bahan kimia bubuk dan cair, serta tiga buah mesin pembuat jamu tradisional disita Mabes Polri, Senin siang, di sebuah rumah di Cilacap.

Petugas juga mengamankan 10 karung jamu obat kuat dan obat asam urat siap jual. Aris purnomo, pemilik rumah sekaligus peracik jamu ditetapkan sebagai tersangka.

Sementara di Poso, Sulawesi Tengah, aktivitas tambang emas ilegal di kawasan Taman Nasional Lore Lindu, Poso, Sulawesi Tengah, kian marak. Lereng gunung yang dilindungi semakin gundul digerus alat berat.

Material tambang biasanya dijual ke Kota Palu untuk diolah. Larangan dari Balai Taman Nasional Lore Lindu dan Pemerintah Kabupaten Poso, sepertinya tidak diperhatikan para penambang liar ini.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.