Sukses

VIDEO: Mengamati Gerhana Matahari dengan Lubang Jarum

9 Maret mendatang warga Jakarta akan melihat gerhana matahari sebagian, gerhana bisa diamati dengan membuat lubang jarum.

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana matahari total sudah di depan mata, para pecinta astronomi bersiap menikmati momen langka ini dengan membuat teropong dan kotak lubang jarum, cara ini bisa dipilih agar terhindar dari kerusakan mata.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (3/3/2016), para pecinta astronomi mulai bersiap mengamatinya. Mulai dari menyiapkan teleskop di Planetarium Jakarta hingga berbagi tips dan trik mengamati gerhana dengan lubang jarum atau dikenal dengan pinhole.

9 Maret mendatang warga Jakarta akan melihat gerhana parsial alias gerhana matahari sebagian, maka pengamatannya harus ekstra hati-hati. Gerhana bisa diamati dengan membuat lubang jarum.

Ada dua jenis pinhole sederhana yang mudah dibuat dengan paralon, caranya memberi kertas di dua sisi dan membuat lubang di salah satu sisinya atau dengan kotak kardus dengan cara membuat lubang kotak dan diberi kertas aluminium kemudian dilubangi dengan jarum atau peniti. Di sisi yang berseberangan letakkan kertas putih sebagai layar proyeksi.

Dengan kedua cara ini, gerhana matahari bisa diamati tanpa merusak mata.

***Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar mulai pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.