Sukses

Jokowi: Sistem Peringatan Dini Tsunami di Mentawai Berjalan Baik

Menurut Jokowi, dirinya terus memantau perkembangan gempa di Mentawai hingga kini.

Liputan6.com, Medan - Gempa‎ 7,8 Skala Richter yang mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Rabu 2 Maret malam sempat menggegerkan warga kepulauan tersebut dan Padang.

Pr‎esiden Joko Widodo atau Jokowi pun mengapresiasi cepatnya peringatan dini tsunami akibat gempa, kepada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Badan Nasional Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), serta pihak terkait lainnya.

"Early warning itu berfungsi dan berjalan dengan baik. ‎Artinya, ada arahan dari pemerintah untuk diajak ke sebuah tempat atau lokasi, masyarakat bergerak," kata Jokowi, di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, Kamis (3/3/2016).

Menurut Jokowi, dirinya terus memantau  perkembangan gempa di Mentawai sejak Rabu malam hingga kini. Ia bersyukur tidak sampai terjadi tsunami.

‎"Tapi setelah dilihat betul-betul tidak ada tsunami, sudah kembali ke lokasi masing-masing," kata dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga memuji kepada masyarakat di Mentawai dan sekitarnya, yang cepat tanggap setelah peringatan dini diinformasikan kepada mereka.

"Yang penting itu, ada kesadaran rakyat bahwa sebuah bahaya, bencana, itu kemungkinan ada, dan dibawa ke sebuah tempat. Semua sudah menyadari pentingnya itu," tandas Jokowi.

 

**Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.