Sukses

Jendela Dunia: Astronot Amerika Serahkan Komando ke Tim Kopra

Ribuan warga Haiti turun ke jalan memperingati tragedi berdarah lengsernya Presiden Jean Bertrand Aristide.

Liputan6.com, Jakarta - Astronot Amerika Serikat Scott Kelly, menyerahkan komando pimpinan stasiun luar angkasa internasional kepada tim penggantinya. Berita itu mengawali Jendela Dunia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (1/3/2016).

Scott Kelly menyerahkan komando pimpinan stasiun luar angkasa internasional kepada astronot Tim Kopra, sehari sebelum keberangkatannya ke bumi. Kelly yang bertugas hampir setahun di ruang angkasa akan kembali ke bumi bersama 2 kosmonot Rusia termasuk Mikhail Kornienko menggunakan pesawat ruang angkasa Soyuz. 

Kelly dan rombongan dijadwalkan mendarat di pangkalan Baikonour, Kazakhstan, Rabu besok.

Sementara itu, ribuan warga Haiti turun ke jalan memperingati tragedi berdarah lengsernya Presiden Jean Bertrand Aristide pada 29 Februari 2004 yang menimbulkan banyak korban jiwa. Pengunjuk rasa juga mendesak agar presiden sementara melangsungkan pemilu Mei mendatang secara jujur dan terbuka.

Selain itu, serangan udara menghancurkan sejumlah bangunan di provinsi Idlib, Suriah. Seorang wanita tewas, sementara 12 lainnya luka luka. Belum diketahui pihak mana yang melancarkan serangan udara di tengah gencatan senjata antara pemerintah Presiden Bashar Al Assad dengan kelompok oposisi.

Sedangkan banjir yang melanda wilayah Peru sepekan terakhir merusak sejumlah rumah. Pemerintah mengerahkan 250 personel militer untuk mengevakuasi warga. Wilayah Piura, Arequipa, dan Huanuco paling parah terkena dampak banjir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.