Sukses

VIDEO: Aksi Penolakan Pembangunan Bandara Kulon Progo

Suasana memanas saat petugas keamanan terus merangsek ke pekarangan yang akan diukur, sementara warga tetap bertahan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Ratusan warga penolak pembangunan bandara baru di Kulon Progo, Yogyakarta, terlibat aksi dorong dengan aparat keamanan yang mengawal proses pengukuran tanah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Senin (22/2/2016), ratusan aparat gabungan dikerahkan untuk mengamankan proses pengukuran 14 bidang tanah milik 12 warga yang setuju tanahnya dijadikan lahan bandara. Namun puluhan warga yang menolak pembangunan bandara baru berusaha menggagalkan pengukuran tanah tersebut.

Suasana memanas saat petugas keamanan terus merangsek ke pekarangan yang akan diukur, sementara warga tetap bertahan. Warga pun semakin marah ketika petugas memasang garis polisi. Adu fisik pun tak terhindarkan.

Petugas keamanan akhirnya mengamankan sejumlah warga yang diduga sebagai provokator, walaupun akhirnya dilepaskan lagi.

Pengukuran lahan ini merupakan rangkaian terakhir di atas tanah dan pekarangan milik warga terdampak pembangunan bandara.

Selanjutnya, tim Badan Pertanahan Nasional (BPN) Daerah Istimewa Yogyakarta akan mengkoreksi data warga yang hasil pengukurannya tidak sesuai dengan sertifikat tanah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.