Sukses

Bela KPK, Advokat Indonesia Gelar Demonstrasi

Perhimpunan Advokat Indonesia Pengawal Konstitusi akan berunjuk rasa di berbagai tempat di wilayah Jakarta. Demonstrasi digelar untuk membela Komisi Pemberantasan Korupsi dan mendukung pemberantasan korupsi.

Liputan6.com, Jakarta: Perhimpunan Advokat Indonesia Pengawal Konstitusi (PAIP-Konstitusi) akan berunjuk rasa di berbagai tempat di wilayah Jakarta, Senin (14/9). Mereka membela Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan mendukung pemberantasan korupsi.

Seperti dilansir ANTARA, Hubungan Masyarakat PAIP-Konstitusi Mangapul Siahaan mengatakan, negara dapat dikatakan gagal dalam memerangi korupsi karena terdapat indikasi adanya "gerakan pengerdilan" KPK. Padahal, korupsi adalah kejahatan yang luar biasa. Dengan demikian, berbagai upaya dan semangat melawan gerakan antipemberantasan korupsi di Tanah Air harus dilakukan.

PAIP-Konstitusi berencana mendukung agenda pemberantasan korupsi dengan menggelar demonstrasi di tiga tempat. Yaitu, depan Mahkamah Konstitusi di Jalan Medan Merdeka Barat, depan Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Utara, dan depan Gedung MPR/DPR di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Demonstrasi yang dimulai sekitar pukul 09.30 WIB itu diperkirakan akan dihadiri sekitar 100 pengunjuk rasa. Selain demonstrasi PAIP-Konstitusi, terdapat pula unjuk rasa kelompok Jaringan Rakyat Miskin Kota di depan Balai Kota di Jalan Medan Merdeka Selatan dan Kantor DPRD DKI di Jalan Kebon Sirih, Jakpus, mulai pukul 10.00 WIB.

Menurut Edi Saidi dari UPC (Urban Poor Consorsium), demonstrasi tersebut menuntut agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan moratorium penggusuran dan mencabut Peraturan Daerah Ketertiban Umum Nomor 8 Tahun 2007 yang dinilai sebagai bentuk pengkriminalisasikan rakyat miskin.

Sementara itu, terdapat pula aksi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) untuk menyikapi sidang pembacaan putusan jurnalis Sulawesi Selatan, Upi Asmaradhana, yang dijadwalkan berlangsung di Gedung Mahkamah Agung, Jalan Merdeka Utara, Jakpus, sekitar pukul 11.00 WIB.

Sedangkan elemen Aliansi Mahasiswa untuk Reformasi Hukum akan berunjuk rasa di depan Kantor KPK di Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan, pukul 13.00 WIB. Terakhir, kelompok Voice of Palestine akan menyampaikan aspirasinya di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jalan Medan Merdeka Selatan, dan depan Kantor Perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Jalan M.H. Thamrin, Jakpus, mulai sekitar pukul 13.30 WIB.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini