Sukses

3 Prinsip Utama Menteri Marwan Bangun Desa

Menurut Menteri Marwan Jafar, ada 3 prinsip yang harus dilakukan seiring dalam membangun desa.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Marwan Jafar mengutarakan bahwa prinsip utama yang diterapkan oleh kementeriannya dalam membangun desa. Menurutnya, ada 3 prinsip yang harus dilakukan seiring.

3 Prinsip tersebut, imbuhnya, yakni government, movement dan culture.

"Jadi dalam membangun desa, ada pemerintah sebagai pemangku kebijakan di dalamnya, ada gerakan serta partisipasi masyarakatnya juga, dan harus mengedepankan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal,” tegas Menteri Marwan, dalam acara Peluncuran Peta Desa untuk Percepatan Pembangunan Desa dan Kawasan Pedesaan yang dikutip Kamis (16/2/2016).

Menurut Marwan, ragam budaya dan kearifan lokal dari berbagai desa, akan menjadi satu kesatuan yang akan menjadi spirit tersendiri dalam membangun desa. Ia mengakui, sumber-sumber kebudayaan di desa-desa memiliki potensi dan keunikan yang sangat luar biasa.

Ia juga menyatakan pembangunan desa juga harus mengedepankan budaya, agar identitas desa tetap terjaga.

"Di Kementerian desa ini unik sebenarnya, seni dan budaya menjadi satu di sini. Karena memang, pembangunan kita semua berporos pada sumber-sumber kebudayaan kita. Karena sebenarnya, kebudayaan di desa-desa itu sangat luar biasa," ungkap Marwan.

Lagu Berjudul 'Desa Membangun Indonesia'

Peluncuran Peta Desa untuk percepatan dan pembangunan kawasan pedesaan di Kementerian Desa pada Selasa 16 Februari berlangsung meriah. Acara yang diresmikan langsung oleh Marwan Jafar juga dihadiri oleh Musikimia yang dikomandoi Fadly dari grup musik Padi.

Marwan Jafar yang mendapatkan album terbaru Musikimia, menyanjung beberapa judul lagu yang menurutnya revolusioner.

"Judulnya luar biasa, dalam kesempatan ini saya juga ingin memperkenalkan slogan kementerian kita yaitu 'Desa Membangun Indonesia' siapa tahu bisa dibikinin lagu oleh Musikimia," ujar Menteri Marwan yang disambut tepukan tangan para tamu.

Mendapatkan pujian dari Menteri Marwan, vokalis Musikimia, Fadly memuji balik kinerja Menteri yang berasal dari Pati tersebut. Fadly pun berharap peluncuran peta desa bisa semakin mempercepat laju pembangunan di desa.

Dalam kesempatan tersebut, Fadly yang mengaku berasal dari desa berjanji akan kembali ke desa. "Saya juga berasal dari desa dan bekerja di kota. Nanti saya pasti juga akan kembali ke desa," ujarnya.

Usai meluncurkan peta desa, Marwan Jafar diminta untuk berduet dengan Fadly menyanyikan lagu Legendaris berjudul 'Kasih tak sampai'. Tantangan tersebut pun diladeni oleh Marwan dengan semangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini