Sukses

8 Kawasan Rawan dan Modus Baru Penebar Ranjau Paku di Ibu Kota

Penebaran ranjau paku di 8 kawasan di Jakarta itu sudah lama terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Ranjau paku masih mengintai Jakarta. Polda Metro Jaya mengungkapkan paling tidak ada 8 daerah rawan ranjau paku di Ibu Kota.

Kasubdit Bid Gakkum ‎Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto menjelaskan, ke-8 wilayah rawan ranjau paku itu adalah Jalan Suryopranoto, Jakarta Pusat, Jalan Juanda, Jakarta Pusat, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Serta, kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, wilayah Tomang, Slipi, Jakarta Barat, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan dan Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur.‎

Budiyanto menjelaskan, penebaran ranjau paku ini dilakukan oknum tak bertanggung jawab. Parahnya lagi, penebaran ranjau paku di 8 wilayah itu sudah lama terjadi.

"Meski menebar paku bukan tindak pidana, tapi tetap membahayakan keselamatan pengguna jalan," ucap Budiyanto di Jakarta, Minggu (14/2/2016).

Budiyanto mengungkap pula, para penebar paku kali ini sudah memakai modus baru yang belum dilakukan sebelumnya. "Modus yang digunakan dengan cara paku dibungkus atau dimasukkan dalam bungkus korek api dilempar di jalan. Pelaku menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4."

Lantaran masih banyaknya penebaran ranjau paku, dia menyerukan agar seluruh pengguna jalan berhati-hati. Khusus kewaspadaan ini ditingkatkan ketika tengah berkendara di malam hari.

"Kita tidak tahu persis (ranjau paku untuk apa). Yang jelas, korban bisa jadi sasaran kejahatan perampokan dan tindak pidana lainnya," tutup Budiyanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.