Sukses

2 Hari, Sampah Jakarta Bisa Setinggi Borobudur

Sano menuturkan jumlah penduduk di Indonesia mencapai 250 juta jiwa dan estimasi produksi sampah per hari mencapai 0,7 kg.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Greeneration Indonesia dan salah satu penggagas www.BebasSampah.ID Sano mengungkapkan produksi sampah di Indonesia sudah masuk kategori darurat. Bahkan, total sampah di ibukota dalam 2 hari bisa setinggi Candi Borobudur.

"Jakarta itu hasilkan 7 ribu ton. Sampahnya Jakarta dalam 2 hari bisa bangun Candi Borobudur," kata Sano, di Jakarta, Jumat 29 Januari 2016.

Sano menuturkan jumlah penduduk di Indonesia mencapai 250 juta jiwa dan estimasi produksi sampah per hari mencapai 0,7 kg. Ia melanjutkan dengan angka tersebut, maka jumlah sampah nasional per hari yang perlu dikelola mencapai 175 ribu ton.

Untuk meminimalisir dampak atas membludaknya sampah di Indonesia, maka Sano mengajak agar dilakukan aksi kerja bakti bersama saat Hari Peduli Sampah Nasional pada 21 Februari mendatang.


"Hari Peduli Sampah itu harus jadi momentum ubah paradigma soal sampah," tutur Sano.

Sano menyampaikan pula terdapat 299 ormas di Indonesia yang setuju kerja bakti pada tanggal tersebut, mewakilkan 89 kabupaten/kota.

"Tidak ada titipan siapa pun, bukan dana pemerintah, murni masyarakat. Saya baru dapat laporan, teman-teman diver mau kerja bakti di bawah laut," pungkas Sano.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini