10 Anggota OPM yang Serahkan Diri Akan Keliling Ibu Kota

Oleh Katharina Janur pada 28 Jan 2016, 12:45 WIB
Diperbarui 28 Jan 2016, 12:45 WIB
20160126-serahkan diri jayapura-papua-opm
Perbesar
10 Anggota OPM menyerahkan diri ke pemerintah daerah. (Liputan6.com/Katharina Janur)

Liputan6.com, Jakarta - 10 Anggota Tentara Pembebasan Nasional/Organisasi Papua Merdeka (TPN/OPM) menyerahkan diri ke pemerintah daerah. Mereka menyerahkan diri setelah Bupati Puncak Jaya, Henok Ibo dan jajarannya melakukan sejumlah pendekatan.

Sebagai balasannya, ke-10 anggota OPM itu akan diajak ke Ibu Kota Jakarta.

"Saat ini sudah ada 10 orang yang kami bawa turun ke Jayapura dan kami inapkan di salah satu hotel. Rencananya kami ingin membawa mereka ke Jakarta dan melihat sejumlah kemajuan di Ibu Kota," kata Henok di Jayapura, Selasa 26 Januari 2016.

Pagi tadi, Kamis (28/1/2016), sebanyak 10 anggota OPM yang menyerahkan diri itu terbang ke Jakarta dari Kabupaten Jayapura.

Infonya, mereka akan mengunjungi sejumlah objek wisata, antara lain Taman Mini Indonesia Indah, Mangga Dua Mall, Monas, Ancol, Mal Taman Anggrek, dan Gereja Imanuel.

Selain itu, mereka diajak ke kantor BIN dan Makopassus.

Sebelumnya, 10 orang yang menyerahkan diri merupakan anggota TNP/OPM pimpinan Goliat Tabuni yang bermarkas di Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya. 2 orang di antaranya adalah pengawal Goliat Tabuni yang merupakan Komandan Pleton TPN/OPM wilayah Tingginambut. Keduanya yakni Teranus Enumbi dan Melodi Wonda.

Teranus mengatakan mereka baru pertama kali turun gunung dan melihat Kota Jayapura, ibu kota Provinsi Papua.

"Rasanya senang. Saya tidak tahu bingung mau berbuat apa. Tetapi saat ini saya sudah bergabung dengan pemerintah," kata Teranus dalam bahasa Indonesia yang terbata-bata, Selasa (26/1/2016) usai bertemu dengan sejumlah petinggi TNI/Polri di Mapolda Papua.

Dia bersama dengan 9 teman lainnya merasa kecewa dengan kepemimpinan Goliat Tabuni yang telah berbohong kepada anak buahnya. Sebab selama ini Goliat Tabuni selalu menyebutkan tak pernah berhubungan dengan pemerintah, tetapi ternyata Goliat mengirimkan 2 istri dan anaknya untuk bertemu langsung dengan Bupati Puncak Jaya, Henok Ibo.

"Saya ini yang menjaga pintu keluar masuk Goliat dan melindungi dia (Goliat) dari apapun. Tetapi nyatanya, Goliat lewat pintu belakang menipu kami dan meminta makan dari pemerintah. Ini terbukti dengan adanya foto 2 istrinya di kediaman Bupati Puncak Jaya. Foto ini diketahui pada 19 Desember lalu. Apalagi Bapak Bupati juga telah memberi tahu kami bahwa Goliat telah lama membina hubungan dengan dirinya," kata Teranus di Jayapura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya