Sukses

Sindikat Penjualan Organ Tubuh Manusia Ditangkap di Bandung

Perdangan organ tubuh sama dengan kejahatan perdagangan manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri mengungkap praktik perdagangan organ tubuh manusia. Kapolri Jenderal Badrodin Haiti membenarkan hal tersebut.

"Yang menangkap Bareskrim. Saya belum tahu jumlah tersangkanya," ujar Jenderal Badrodin di usai membuka Rapat Pimpinan Polri di PTIK, Jl Tirtayasa, Jakarta Selatan, Selasa (26/1/2016).

Menurut orang nomor satu di Polri ini, kasus tersebut sama halnya dengan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

"Jadi penjualan organ itu sama dengan perdagangan orang. Disamakan seperti itu, undang-undangnya begitu. Jadi siapa saja yang terlibat tentu kami bisa proses secara hukum," tandas dia.

Penyidik sebelumnya menangkap tersangka HKS (60), di Jalan Pisces 18, Turangga, Bandung, Jawa Barat. Tersangka ditangkap Minggu 17 Januari 2016 sekitar pukul 20.30 WIB.

Beberapa barang bukti disita dari tangan tersangka. Penangkapan HKS adalah buah dari pengembangan penangkapan 2 tersangka sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini