Sukses

Hujan Lebat dan Puting Beliung Ancam Jabodetabek 3 Hari ke Depan

Kelembaban udara pada hampir seluruh wilayah Indonesia pun dikabarkan terbilang tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua kawasan di Tanah Air berpotensi diguyur hujan lebat dalam 3 hari ke depan. Di antara daerah-daerah itu, beberapa akan dilanda angin puting beliung, seperti Jabodetabek.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan pada Senin (25/1/2016), terjadi perlambatan kecepatan angin di Selat Makassar (Sulsel), Jawa bagian barat dan timur, serta Papua Barat.

"Terdapat daerah tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah barat daya Lampung. Konvergensi memanjang dari Laut Aru hingga Maluku dan dari Laut Banda hingga perairan selatan Jawa," tulis BPBD DKI Jakarta dalam laman Façebook-nya yang dikutip Liputan6.com.

Selain itu, kelembaban udara pada hampir seluruh wilayah Indonesia pun dikabarkan terbilang tinggi. "Kondisi-kondisi ini mendukung proses pertumbuhan awan hujan di wilayah-wilayah tersebut."

Berikut wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat dalam 3 hari ke depan:
1. Sumatera Selatan
2. Lampung
3. Jawa Tengah
4. Jawa Timur
5. Kalimantan Barat
6. Kalimantan Tengah
7. Sulawesi Barat
8. Nusa Tenggara Timur
9. Papua bagian Utara
10. Papua Barat

Berikut wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai kilat, petir, angin kencang atau puting beliung:
1. Bangka Belitung
2. Jabodetabek
3. Jawa Barat
4. Maluku

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.