Ini Rute TransJakarta Gratis untuk Warga Penghuni Rusunawa

Oleh Liputan6 pada 18 Jan 2016, 05:43 WIB
20160106-Penghuni Rusun Gratis Naik Transjakarta-Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta memberikan layanan bus TransJakarta gratis untuk seluruh penghuni rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) di wilayah Jakarta dengan mengoperasikan bus pengumpan (feeder).

"Bus pengumpan TransJakarta itu bertujuan memberikan layanan bus berjalur khusus gratis untuk seluruh penghuni rusunawa di Jakarta," kata Kepala Dishubtrans DKI Andri Yansyah di Jakarta seperti dikutip Antara, Minggu (17/1/2016).

Dia menyebutkan bus pengumpan TransJakarta itu akan dioperasikan setiap hari mulai pukul 05.00-22.00 WIB. Trayek bus tersebut antara lain Rusunawa Daan Mogot dan Rusun Tambora yang dilayani oleh rute Terminal Kalideres-Muara Baru serta Rusunawa Flamboyan dan Kapuk Muara dilayani rute Terminal Grogol-Terminal Kalideres.

"Kemudian, Rusunawa Cipinang Besar Selatan dilayani rute Kampung Rambutan-Tanah Abang dan Rusunawa Budha Suci dan Pelabuhan Muara Angke dilayani rute perpanjangan BKTB PIK-Balai Kota," ujar Andri.

Lalu, sambung dia, Rusunawa Marunda dilayani rute Terminal Tanjung Priok-Rusunawa Marunda, Rusunawa Pulo Gebang dilayani rute Terminal Pulo Gadung-Rusunawa Pulo Gebang dan Rusunawa Pinus Elok dan Rawa Bebek dilayani rute Terminal Klender-Terminal Rawamangun.

"Meskipun demikian, layanan bus gratis tersebut hanya diberikan bagi warga pemilik KTP rusun. Sedangkan, bagi anak-anak yang belum memiliki KTP, dapat menggunakan Kartu Jakarta Pintar," tutur dia.

Untuk dapat menggunakan layanan gratis tersebut, dia meminta para penghuni rusun mengisi formulir yang telah disediakan dan pastikan nama, alamat serta nomor KTP diisi dengan benar agar memudahkan saat dilakukan pengecekan oleh petugas TransJakarta.

"Petugas TransJakarta akan melakukan pemeriksaan nama dan alamat yang tertera di formulir sama dengan KTP. Jika terdapat perbedaan data, maka layanan gratis tidak bisa diberikan. Namun jika datanya cocok, penghuni rusun bisa masuk ke bus Transjakarta," ungkap dia.

Dia menambahkan bagi pendamping atau orang selain pemilik KTP rusun tetap diwajibkan untuk membeli tiket TransJakarta.