Sukses

Sosok Minggu Ini: 3 Serangkai Pencipta Game Edukatif

Siapa sangka game untuk anak ini datang dari 3 serangkai yang usianya masih sangat muda.

Liputan6.com, Jakarta - Permainan komputer, biasa disebut game, bisa jadi suatu dunia tersendiri, bagi seorang anak. Semua anak, suka bermain. Game yang menarik, akan membantu anak-anak belajar, tanpa mereka menyadarinya.

Seperti game bernama "Yes" misalnya, membantu anak-anak belajar bahasa Inggris. Perancang game ini, coba menggunakan berbagai teknik desain yang menarik, agar anak-anak betah bermain dan belajar.

Namun siapa sangka, game untuk bocah ini, boleh dikata juga datang dari tangan anak-anak. Tim pencipta "Yes" beranggota Sabian Daffa, Nadhira Andjani dan Reza Dharmawan. Reza yang tertua, baru beranjak 17 tahun.

Untuk membuat "Yes", mereka berkomitmen, lalu berbagi tugas. Awalnya, Sabian, Nadhira dan Reza ditunjuk pihak sekolah SMKN 40 Jakarta Timur, untuk ikut lomba membuat aplikasi komputer bertema pendidikan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Modal awal 3 serangkai ini, keinginan kuat untuk belajar dan berkreasi. Sabian, Nadhira dan Reza, segera bekerja, mulai dari menyusun konsep dasar, hingga mendesain kemungkinan bentuk akhir tampilan permainan karya mereka. Bagi para siswa ini, salah satu tantangan utama adalah bagaimana membagi waktu dengan efektif.

Tidak mudah bagi mereka, belajar seluruh pelajaran sekolah dengan baik, tapi tetap bisa meluangkan waktu bersama untuk menyelesaikan program ini.

Perjuangan tidak sia-sia. Walau baru pertama kali ikut lomba, karya mereka langsung lolos 15 besar. Akhirnya, menempati tempat kedua dengan menyisihkan 368 peserta lain. Walau masih muda belia, Sabian, Nadhira dan Reza punya harapan-harapan yang terdengar dewasa.

Saksikan kisah inspiratif 3 serangkai Sabian, Nadhira dan Reza dalam Sosok Minggu Ini yang ditayangkan Liputan 6 SCTV, Minggu (17/1/2016) di bawah ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.