1 Kg Sabu Diselundupkan dari Malaysia dalam Kaleng Susu

Oleh Reza Efendi pada 06 Jan 2016, 12:12 WIB
Diperbarui 06 Jan 2016, 12:12 WIB
20151008-Rilis Narkoba BNN-Jakarta
Perbesar
Barang bukti sabu sebanyak 20 kg lebih yang berhasil diamankan Badan Narkotika Nasional (BNN), Jakarta, Kamis (8/10/2015). BNN berhasil menggagalkan upaya penyeludupan sabu jaringan Surabaya-Jakarta. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Liputan6.com, Medan - Saat hendak menyelundupkan sabu dari Malaysia ke Indonesia, seorang pemuda asal Aceh ditangkap di Tanjung Balai, Sumatera Utara. Sabu seberat 1 kilogram (kg) itu dikemas di dalam kaleng susu balita.

Penangkapan ini berawal dari laporan masyarakat di mana salah satu kapal tongkang dari Malaysia tengah membawa 50 TKI ke Tanjung Balai.

Dari 50 orang TKI tersebut, satu di antaranya membawa sabu 1 kg yang dikemas dalam susu kaleng. Rencananya, setelah sampai di Tanjung Balai, pemuda berinisial MY (31) itu akan dijemput oleh temannya.


"Mendapat informasi itu, kita langsung ke lokasi, kemudian MY yang kita curigai langsung disergap. Dalam tasnya kita temukan barang bukti tersebut," kata Pas Intel Kodim 0208/Asahan, Lettu Inf Nuryanto, di Medan, Rabu (6/1/2016).

Menurut Nuryanto, penangkapan terhadap MY dilakukan di kawasan Jalan Lintas Teluk Nibung Bagan Asahan, Kelurahan Sei Apung, Kecamatan Tanjung Balai.

"Selain sabu, kita juga mengamankan barang bukti lain seperti 2 telepon genggam, 2 kartu ATM dan sejumlah uang tunai. Pelaku dan barang bukti kita serahkan ke BNN Kisaran," ujar Nuryanto.*