Sukses

Puncak Arus Balik Diprediksi Nanti Malam

Hal yang susah diprediksi dalam pemantauan arus balik adalah pergerakan dari angkutan pribadi.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) J.A. Barata mengatakan, kemungkinan besar puncak arus balik akan terjadi nanti malam.

"Hari ini masih dalam keadaan kosong (jalur balik menuju Jakarta). Kemungkinan besar nanti malam," ujar Barata kepada Liputan6.com, Sabtu (2\1/2016).

Dia juga menyampaikan pihaknya akan mengantisipasi semaksimal mungkin. Menurut dia, hal yang susah diprediksi adalah pergerakan dari angkutan pribadi.

"Namanya angkutan pribadi, kita tidak bisa prediksi waktunya. Takutnya datang 'serbuan' secara serempak nantinya," tutur dia.

 



Karena itu, sambung Barata, pihaknya akan menaruh perhatian pada pintu tol yang ada. Kemenhub memantau langsung kesiapan pintu-pintu tol untuk mengamati laju arus balik hari ini. Pemantauan dimulai dari Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) dan akan bergeser ke Tol Merak pada siang pukul 14.00 WIB.

"Sebenarnya, yang paling penting itu, kita akan melihat persiapan untuk melihat flow pintu-pintu tol. Apakah siap atau tidak," ucap Barata.

Namun, saat ditanya apakah pihaknya akan menghimbau kepada pengelola jasa tol untuk membuka semua pintu, Barata menuturkan akan terlebih dahulu berkomunikasi dengan pihak Kepolisian.

"Soal pengaturan pintu tol, itu yang kita belum tahu. Kita masih sedang berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, bagaimana yang baik diambil," sahut Barata.

Tak ingin kecolongan lagi atas kemacetan yang terjadi selama liburan Natal 2015, Kementerian Perhubungan pun memantau persiapan tol pada arus balik liburan Tahun Baru 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini