Sukses

Cerita Buaya Putih Penunggu Gedung DPR dan Pekerja Jatuh Sakit

Adalah Gedung Nusantara V Kompleks Parlemen yang mitosnya saat belum didirikan dihuni buaya putih.

Liputan6.com, Jakarta - Kompleks DPR terdiri dari beberapa blok yang dibagi dengan nama-nama setiap gedungnya. Selain bangunan bersejarah yang diisi politikus‎-politikus yang kerap bikin gaduh publik, ada satu bangunan yang dulunya dihuni makhluk gaib jenis buaya putih.

Adalah Gedung Nusantara V Kompleks Parlemen yang mitosnya saat belum didirikan dihuni buaya putih. Cerita dari para pekerja kebersihan yang sudah belasan tahun bekerja di lingkungan DPR, sejarah adanya buaya putih tersebut diceritakan secara turun-temurun oleh sesama pekerja.

"Itu Gedung Nusantara V kan yang dibangunnya paling baru di antara gedung-gedung yang lain. Ceritanya di situ tuh kata orang-orang dulu angker ada buaya putihnya," tutur seorang office boy atau OB Press Room DPR, Aam Abdullah‎ kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (28/12/2015).

Pria kelahiran 41 tahun silam yang sudah bekerja sejak akhir tahun 1996 di Kompleks Gedung DPR ini berujar, ‎gedung tersebut dulunya adalah sebuah rawa. Diyakini, rawa tersebut selain dihuni buaya putih juga didiami beberapa makhluk halus lainnya.

"Kalau yang ada itu kalau enggak salah buaya putih sama ular (gaib) katanya cerita dari orang-orang sebelum saya," ujar dia.

Aam yang asli Rawa Belong, Jakarta Barat ini melanjutkan, keanehan gaib terjadi ketika di rawa tersebut akan dibangun Gedung Nusantara V. Di mana, banyak hal-hal di luar nalar terjadi saat proses pembangunan gedung tersebut.

"Jadi waktu mau diuruk, itu airnya enggak bisa ketutup muncul terus. Lalu disedot sama, enggak habis-habis juga. Akhirnya manggil orang pintar baru bisa. Dulu waktu tahun dulu itu ada bukunya tentang sejarah itu, saya baca bukunya sama diceritain. Sekarang mah enggak ada lagi bukunya," papar Aam.

Pekerja Jatuh Sakit

Teman seprofesi Aam, Jaja Ahmad menambahkan, saat pembangunan berlangsung banyak pekerja yang direkrut dari beberapa daerah mengalami jatuh sakit.

"Ada yang sakit karena enggak tahu penyebabnya, katanya juga tidak sedikit yang meninggal," beber Jaja.

Jaja yang berasal dari Bogor, Jawa Barat ini pun mengaku awalnya bekerja menjadi petugas kebersihan di Kompleks Parlemen sempat mengalami hal-hal gaib di sekitar Gedung Nusantara V tersebut.

"Suara-suara seperti ada orang mandi jam 3 pagi itu sering di toilet situ mah. Banyak yang ngalamin," kata Jaja.

Kendati Demikian, Jaja dan Aam mengaku kini sudah biasa dengan hal-hal mistik di sekitar Gedung DPR, bahkan keduanya sudah merasa 'akur' dengan penghuni gaib Kompleks Parlemen tersebut.

"Sudah biasa, kita sudah belasan tahun. Ya tadinya kalau lagi sendiri malam-malam suka masuk kerja itu kadang merinding. Kan dulu kita tidurnya di press room," tutup keduanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini