Sukses

JK Bekali 6 Calon Dubes di Timur Tengah dan Azerbaijan

Pembekalan ini bertujuan agar para dubes tahu tugas-tugas yang harus dilakukan saat resmi bertugas.

Liputan6.com, Jakarta - 6 Calon Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk negara di wilayah Timur Tengah menerima pembekalan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla. Mereka akan ditempatkan di Oman, Qatar, Mesir, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, dan Azerbaijan.

"Wapres memberikan pembekalan terkait ekonomi, perdagangan terutama yang ada kaitannya dengan gas dan minyak juga tenaga kerja," kata salah seorang calon dubes M Basri Sidehabi, di Jakarta, Selasa (22/12/2015).

Basri mengatakan, pembekalan ini bertujuan agar para dubes tahu tugas-tugas yang harus dilakukan saat resmi bertugas. Para calon dub‎es ini juga diharapkan mampu menarik investor di tempat mereka ditugaskan.‎ Termasuk pula, penguatan hubungan bilateral, investasi, dan turis.

"Jadi kita sudah tahu apa yang kita laksanakan di sana," tutur dia.

"Kita ditugaskan seperti itu dan pengarahan beliau tadi cukup jelas khusus untuk Timur Tengah dan Azerbaijan," tambah Basri.

Menyikapi isu tenaga kerja, Basri mendapat arahan untuk menggenjot tenaga kerja formal sesuai dengan kebijakan pemerintah. Apalagi pemerintah telah ‎memberlakukan moratorium TKI.

Sementara, untuk situasi negara Timur Tengah, terutama terkait paham radikal dan aksi terorisme, para dubes perlu memberikan perlindungan pada warga negara Indonesia.

"Usahakan melindungi juga orang-orang kita di sana. Melindungi itu pertama, jangan sampai terlibat teroris, kedua lindungi dari kejahatan teroris," tandas Basri.

 

**Saksikan News Flash Liputan6.com berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.