Sukses

2 Kapal Asing Tabrakan di Perairan Kepri, 6 ABK Hilang

6 ABK yang hilang akibat tabrakan kapal di perairan Kepuluauan Riau masih dalam proses pencarian,

Liputan6.com, Batam - 2 Kapal asing bertabrakan di perairan Sambu, Kecamatan Belakang Padang, Provinsi Kepulauan Riau, kemarin malam. Tabrakan kapal ini menyebabkan 6 anak buah kapal (ABK) (Anak Buah Kapal) warga negara Filipina hilang.

"6 ABK yang selamat dibawa ke Singapura. Adapun 6 ABK yang hilang masih dalam proses pencarian," ucap Kepala Pelabuhan (Kanpel) Batam, Kepulauan Riau, Gajah Roseno kepada Liputan6.com di kantornya, Kamis (17/12/2015).

Roseno menjelaskan, proses pencarian melibatkan semua unsur, yakni Badan SAR, Kepolisian Air dan Udara (Polairud), dan TNI AL. Lokasi kecelakaan laut itu berada sekitar 2 mil sebelah utara Pulau Sambu.

Ia mengungkapkan, tabrakan diduga karena kapal MP Thorco Cloud akan memotong alur lalu lintas laut. Tabrakan pun tak dapat dihindarkan antara kapal MP Thorco Cloud dan kapal MT Stolt Comitmenn yang berlayar dari Singapura menuju Kao Shiung, Taiwan.

Akibat dari tabrakan kapal tersebut, MP Thorko Cloud berbendera Antigua-Barbuda tenggelam. Sedangkan MT Stole Comitment berbendera Kepulauan Cayman mengalami kebocoran dan masih terapung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.