Sukses

INFOGRAFIS: Peta Penyelundupan Narkoba di Indonesia

Data jalur masuk dan distribusi narkoba di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Narkotika Nasional (BNN) mengidentifikasi peta masuknya narkoba ke Indonesia. Jika dahulu narkoba banyak diselundupkan melalui jalur udara, kini barang haram itu justru masuk melalui jalur laut. Sebagian besar narkoba tersebut diselundupkan melalui Malaysia. BNN juga mendeteksi penyelundupan narkoba melalui Papua Nugini dan Timor Leste.

Terdapat tiga jenis narkoba yang paling banyak beredar di Indonesia yaitu ganja, sabu-sabu, dan ekstasi. Menurut BNN, sebagian besar ganja yang beredar di Indonesia berasal dari Aceh. Sebagian kecil ganja berasal dari Papua. Adapun sabu-sabu umumnya berasal dari China dan Iran. Sedangkan Ekstasi berasal dari Eropa.

DKI Jakarta masih menjadi daerah tujuan utama pemasaran narkoba. Daerah ini memiliki rasio pengguna narkoba yang paling tinggi dibandingkan daerah lain. Secara nasional, diperkirakan terdapat 4,1 juta pengguna narkoba.

Jalur masuk narkoba melalui laut. (liputan6.com/desi)

Peredaran narkoba di dalam negeri. (liputan6.com/desi)

Statistik pengguna narkoba di Indonesia (liputan6.com/desi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.