Sukses

Kementerian PUPR Segera Restorasi Total Pura Mangkunegaran

Kementerian PUPR menargetkan restorasi Mangkunegaran secara menyeluruh selesai pada 2018.

Liputan6.com, Solo - Pemerintah akan merestorasi total Pura Mangkunegaran di Solo, Jawa Tengah. Langkah ini diambil untuk menyelamatkan bangunan kuno yang telah rusak dimakan usia itu.

Dikutip dari Antara, Kepala Dinas Tata Ruang Kota Surakarta Agus Djoko Witiarso menyatakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjadwalkan restorasi Pura Mangkunegaran dimulai pada tahun anggaran 2017. Selama ini, perbaikan Mangkunegaran dilakukan hanya bagian per bagian.

"Perbaikan hanya dikerjakan per bangunan. Tahun ini misalnya hanya dilakukan perbaikan bagian atap bangunan sisi barat Pendapa Ageng, serta penataan lanskap kawasan Pamedan dan Kavaleri," kata Agus di Solo, Selasa (1/12/2015).


Ia menambahkan, Kementerian PUPR menargetkan restorasi Mangkunegaran secara menyeluruh selesai 2018 nanti. Sebelum itu, pihaknya akan menginventarisasi bangunan Mangkunegaran untuk mengetahui kondisi dan pemanfaatannya pada awal tahun depan.

"Setelah itu baru ditentukan bagaimana cara memperbaikinya," ucap Agus.

Ia menjelaskan, penataan kawasan Mangkunegaran juga akan meliputi koridor Ngarsopuro serta bagian belakang dan sisi timur Mangkunegaran.

"Kami akan menyusun konsep penataan untuk belakang dan timur Mangkunegaran. Mudah-mudahan bisa selesai secepatnya," pungkas Agus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini