Sukses

Ahok dan Wali Kota Bekasi Sepakati Adendum Pengelolaan Sampah

Baik Jakarta maupun Bekasi selama ini dirugikan akibat pengelolaan sampah yang tak benar.

Liputan6.com, Jakarta - Polemik sampah yang terjadi antara DKI Jakarta dan Bekasi mulai menemui titik terang setelah Walikota Bekasi Rahmat Effendi mendatangi Balai Kota, Jakarta, untuk menemui langsung Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Ditemui seusai pertemuan, pria yang biasa dipanggil Ahok itu menyatakan beberapa kesepakatan berhasil dibuat. Didalamnya termasuk adendum tentang perbaikan pengelolaan sampah.

"Adendum tidak masalah selama adendumnya untuk tujuan lebih baik. Karena memang harus diakui, selama ini pengolahan di sana (Bantargebang) itu tidak memenuhi standar," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Rabu (25/11/2015).

Menurut Ahok, baik Jakarta maupun Bekasi selama ini dirugikan akibat pengelolaan sampah yang tak benar. Karenanya, perlu perbaikan kerja sama antara Bekasi dan Jakarta. Bagaimana pun, kedua wilayah saling membutuhkan satu sama lain.

"Bukan kepentingan buat kami. Beliau (Rahmat) juga ingin warga Bekasinya sejahtera. Otaknya, perutnya, dompetnya penuh. Saya juga ingin. Makanya, kita sama-sama," imbuh Ahok.

Pada kesempatan yang sama, Rahmat Effendi menyebut hasil kesepakatan mencakup ketentuan jam operasional dan penyiapan rute tambahan untuk kendaraan pengangkut sampah baik dari dan menuju Bekasi. Ia menyatakan kesepakatan baru itu terbilang akan saling menguntungkan mengingat masalah sampah merupakan masalah nasional.

"Pertama, jam operasional. Tentunya karena kita punya kepentingan nasional (sehingga) disesuaikan dengan kondisi yang ada. Yang kedua rutenya. Kita persiapkan rute tambahan. Dengan itu, kan butuh sinergitas dengan DKI. Makanya butuh adendum," jelas Rahmat. (Din/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini