Sukses

Sungai Mencirim Meluap, Ribuan Rumah di Kota Binjai Terendam

Ribuan rumah di 3 kecamatan di Kota Binjai, Sumatera Utara, terendam banjir.

Liputan6.com, Binjai - Derasnya curah hujan yang melanda kawasan Kota Binjai, Sumatera Utara, membuat Sungai Mencirim meluap. Akibatnya ribuan rumah di 3 kecamatan terendam banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai Yusrizal mengatakan, berdasarkan laporan yang masuk, setidaknya ada 1.500 rumah di 3 kecamatan seperti Binjai Kota, Binjai Selatan dan Binjai Timur terendam banjir.

"Semua sudah kita evakuasi, pendataan juga sudah, saat ini banjir masih berlangsung, air naik akibat hujan deras dini hari tadi," ucap Yusrizal di Binjai, Rabu (25/11/2015).

Warga Jalan Imam Bonjol, Binjai, Dewi Br Ginting mengaku dirinya dievakuasi petugas BPBD Binjai pada Rabu dini hari tadi sekitar pukul 04.00 WIB. Saat itu hujan masih deras hingga menyebabkan rumahnya terendam banjir hingga 2 meter.

"Cepat kali airnya naik, sekitar jam 2 pagi masih semata kaki, jam setengah 4 sudah sepinggang, jam 4 kami dievakuasi dengan perahu dari BPBD Binjai," beber Dewi.

Selain Dewi, Andika warga Jalan Samanhudi Binjai mengaku tidak sempat menyelamatkan harta benda. Sebab saat banjir ia dan keluarga sedang tertidur pulas.

"Enggak sempat evakuasi barang-barang, cepat kali airnya naik, terendam semualah kasur, televisi, kulkas saya," tutur Andika. (Ans/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.