Sukses

Kejutan Menteri Anies untuk Jokowi

Jokowi bahkan sempat mencium salah seorang gurunya yang datang dengan menggunakan kursi roda.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi mendapatkan kejutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan di peringatan puncak Hari Guru Nasional 2015.

Dalam acara yang digelar di Istora Senayan, Jakarta itu, Menteri Anies mendatangkan guru SMA dan SMP Presiden Jokowi saat masih bersekolah di Solo, Jawa Tengah. Momen itu pun langsung dijadikan ajang nostalgia masa-masa sekolah SMP dan SMA Jokowi.

Dihadapan ribuan guru yang hadir, Jokowi bercerita, saat SMA ia selalu mendapat nilai tertinggi dalam mata pelajaran Kimia. Hal itu pun dibenarkan oleh Bu Ening, guru Kimia Jokowi semasa SMA yang turut hadir dalam acara itu.

"Dulu nilai Kimia saya paling bagus. Kalau enggak percaya tanya ke Bu Ning," ucap Jokowi sambil menunjuk ke arah perempuan berjilbab di lokasi acara, Selasa (24/11/2015).

Mendengar pernyataan mantan muridnya, Bu Ening tersenyum. Sambil berdiri, ia terlihat mengangguk ke arah Jokowi. "Tuh benar kan Bu Ening. Banyak yang enggak percaya saya ini pandai," ucap mantan Wali Kota Solo itu. ‎

Ucapan Presiden itu pun langsung disambut tawa ribuan guru yang hadir dari berbagai daerah di Indonesia. ‎"Tapi saya pintar karena guru-guru saya, bukan karena saya," imbuh Jokowi. ‎

Selain guru Kimia, hadir pula guru Biologi dan Geografi Jokowi semasa SMP. Presiden mengaku takjub bisa bertemu lagi dengan guru-gurunya setelah 40 tahun.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para gurunya yang hadir. Ia mengatakan, dirinya tidak akan bisa menjadi seperti saat ini tanpa peran dari para guru yang mengajarnya di sekolah. ‎

"Saya sendiri adalah karya guru-guru saya. Kita semua merupakan karya dari para guru kita," ucap Jokowi.

Di akhir acara, Presiden menyempatkan diri bersalaman dengan para gurunya. Jokowi bahkan sempat mencium salah seorang gurunya yang datang dengan menggunakan kursi roda.

Momen itu pun sempat membuat suasana menjadi haru. Setelah bersalam-salaman, para guru yang seluruhnya hampir berusia lanjut itu kemudian berfoto bersama. (Dms/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.