Sukses

Polisi Rayu Buruh Agar Tidak Mogok Kerja

Kapolda Metro Jaya mengimbau agar buruh tidak melakukan unjuk rasa yang anarkistis.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian mendatangi Pos 9 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kedatangan Tito untuk meninjau lokasi titik-titik kumpul buruh yang nanti siang bergerak ke Istana Kepresidenan, Jakarta. Mereka akan memprotes Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 soal pengupahan.

Tito mengimbau agar para buruh tidak melakukan unjuk rasa yang anarkistis. Disebutkan, Polda Metro Jaya tidak akan segan-segan menindak buruh yang melakukan perusakan atau melempari aparat.

"Karena salah satu objek vital di sana. Jadi, Kapolda pagi sempat ke sana. Ya, diimbau agar bekerja seperti biasa. Kalau dalam unjuk rasa nanti bertindak anarkis ya tentu tindak tegas," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes M Iqbal saat dihubungi wartawan di Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Kemudian, ratusan buruh berkumpul di lapangan yang ada dalam Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung, Cilincing, Jakarta Utara. Mereka terus berdatangan dan berorasi untuk menyuarakan penolakan PP pengupahan dan mogok nasional selama 3 hari sejak hari ini.

"Kita kasih kesempatan untuk mereka melakukan orasi tapi tidak anarkistis. Ya kita coba pendekatan persuasif dulu," ujar Kapolres Jakarta Utara Kombes Susetio Cahyadi di lokasi.


Pengalihan Jalan

Sementara itu, arus lalu lintas dari arah Ancol, Pademangan ke arah Pelabuhan Tanjung Priok masih lancar. Begitu juga arah sebaliknya.

Untuk arus lalu lintas di Jalan Yos Sudarso ke arah Pelabuhan masih padat, begitu juga sebaliknya.

Belum ada pengalihan arus terkait unjuk rasa yang dilakukan buruh di Pos 9 Pelabuhan. Arus lalin di Jalan Raya Cakung menuju Cilincing dan sebaliknya juga ramai.

"Belum ada pengalihan arus. Masih kita pantau. Personel di lapangan," kata Kasat Lantas Polres Jakarta Utara, AKB Sudarmanto. (Bob/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.