Komplotan Pencuri Motor Tembak Warga Senen

Oleh Audrey Santoso pada 20 Nov 2015, 15:11 WIB
Diperbarui 20 Nov 2015, 15:11 WIB
Ilustrasi Pencurian Motor
Perbesar
Ilustrasi Pencurian Motor (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Liputan6.com, Jakarta - Aksi brutal penjahat jalanan terjadi di Jalan Jamrud Nomor 1 RT 08 RW 02 Senen, Jakarta Pusat pagi tadi sekitar pukul 09.00 WIB. Seorang warga tertembak komplotan pencuri sepeda motor.

Penembakan bermula saat Mulyana pemilik motor Honda CBR 150cc melihat gelagat mencurigakan dua pria di dekat motornya yang terparkir di depan Rumah Makan Restu Bundo, Senen. Seperti disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Muhammad Iqbal.

"Tadi pagi ada percobaan pencurian di Senen, Jakarta Pusat yang berujung tertembaknya seorang warga," ujar Iqbal kepada Liputan6.com di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/11/2015).

"Jadi awalnya ada warga bernama Mulyana melihat dua pria mendekati motornya dan mencoba membawa kabur motornya," sambung Iqbal.

Iqbal melanjutkan, Mulyana lalu meminta tolong tetangganya yang bernama Untung untuk menghentikan aksi 2 orang tersebut. Maka Mulyana dan Untung membawa balok kayu untuk menggagalkan aksi pelaku dan berniat main hakim sendiri.

Dor

Untung sempat memukul salah satu pelaku dengan balok kayu hingga mengenai punggungnya.

"Pemilik motor lalu pergi ke rumah korban untuk sesuatu yang bisa digunakan melumpuhkan pelaku, dan mengambil balok kayu. Kemudian pemilik motor bersama korban (Untung) menghampiri pelaku dan korban sempat memukul punggung pelaku," terang Iqbal.

Melihat hal tersebut, teman pelaku mengeluarkan senjata api laras pendek dan menembak perut bagian kiri Untung hingga pria 32 tahun tersebut tumbang. Setelah menembak Untung, keduanya kabur meninggalkan lokasi dengan motor matic Yamaha Mio.

"Pelaku lainnya mengeluarkan pistol saat melihat temannya dipukul. Lalu menembak korban di bagian perut kiri setelah itu kabur. Motornya tidak jadi dicuri," tutur dia.

Warga sekitar yang melihat kejadian itu langsung membawa Untung ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta untuk mendapat pertolongan medis. Saat ini polisi reserse Polsek Senen dan Polres Jakarta Pusat sedang memburu pelaku.

Polisi juga menyisir sekitar lokasi kejadian dan mencari CCTV untuk mengidentifikasi pelaku.

"Korban dilarikan ke RSCM, saat ini anggota Polsek dibantu Polres melakukan pengejaran dan memeriksa sekitar TKP," pungkas Iqbal. (Ndy/Mut)