Longsor Timbun 23 Rumah di Bogor

Oleh Achmad Sudarno pada 20 Nov 2015, 11:28 WIB
Diperbarui 20 Nov 2015, 11:28 WIB
longsor
Perbesar
Ilustrasi longsor

Liputan6.com, Bogor - Longsor kembali melanda Bogor. Puluhan bangunan di Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, rusak. Tapi, tidak ada korban jiwa dalam musibah yang terjadi akibat hujan deras yang turun sejak siang hingga malam pada Kamis 19 November 2015.

"Bangunan rumah yang rusak akibat longsor ada 23 rumah. Sedangkan, tempat ibadah ada 2 dan 1 kantor desa rusak berat," kata Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor Budi Aksomo di Bogor, Jumat (20/11/2015).

Titik lokasi longsor tersebar di beberapa kampung, yaitu Kampung Cikudamulya RT 01/05 sebanyak 12 rumah rusak, Kampung Cipamuputan RT 04/04  sebanyak 4 rumah rusak, di Kampung Panday RT 01/04 dan Kampung Campedak RT 03/04 masing-masing 1 rumah rusak.

 

Sejak semalam hingga siang ini, tim gabungan yang terdiri dari BPBD, TNI/Polri serta unsur masyarakat masih mengevakuasi korban dan membersihkan material longsoran.

"Pemilik yang rumahnya rusak parah diungsikan ke rumah sanak saudaranya. Sedangkan 1 orang yang terluka atas nama Deni Setiawan dibawa ke RSUD Leuwiliang," ucap Budi.

Budi menerangkan, Kecamatan Pamijahan ialah salah satu daerah perbukitan yang kontur tanahnya rawan longsor dan masuk kategori zona kuning atau berisiko sedang. Kecamatan lainnnya di Kabupaten Bogor yang termasuk zona kuning di antaranya Cigudeg, Rumpin, Babakan Madang, Caringin, Pamijahan, dan Cisarua. (Din/Sss)