Ketua MPR Prihatin Banyak Kepala Daerah Tak Peduli Pancasila

Oleh Gerardus Septian Kalis pada 18 Nov 2015, 19:46 WIB
Diperbarui 18 Nov 2015, 19:46 WIB
Ketua MPR: Calon Pilkada Jangan Berwawasan Kepentingan Kelompok
Perbesar
Bagi Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Pilkada 2015 merupakan momen demokrasi pertama di Indonesia yang dilakukan secara serentak.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengaku prihatin dengan kondisi lunturnya nilai-nilai Pancasila saat ini.

Hal itu terlihat saat dirinya berkunjung ke beberapa daerah dan menemukan beberapa bupati, wali kota bahkan gubernur yang menganggap Pancasila sebagai urusan orang tua.

Menurut Zulkifli, hal ini terjadi akibat tidak masifnya sosialisasi Pancasila seperti pada masa Orde Baru. Imbasnya, sosialisasi Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, seolah-olah hanya urusan MPR.

"Tentu tidak mudah bila sosialisasi 4 pilar MPR hanya dibebankan pada MPR. Ini adalah tugas kita semua," ujar Zulkifli saat Seminar Nasional Badan Pengkajian MPR di Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (17/11/2015).

Karena itu, dia berterima kasih pada Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) yang pada hari ini ikut mensosialisasikan 4 pilar kepada anggotanya dan mahasiswa.

"Semoga selain ICMI yang sudah banyak membantu MPR, ada lembaga lain yang ikut terpanggil untuk mensosialisasikan 4 pilar," pungkas Zulkifli. (Dms/Sun)

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya