Sukses

27 Kecamatan di Bogor Ini Rawan Bencana

Pada Januari hingga awal November 2015 saja tercatat ada 89 tanah longsor, 20 banjir, dan 4 bencana puting beliung.

Liputan6.com, Bogor - Bogor merupakan salah satu daerah yang rawan bencana, terlebih di musim penghujan. Bencana alam seperti puting beliung, tanah longsor dan banjir bandang mengintai warga.

Kasus yang paling menonjol adalah bencana longsor. Rekahan tanah yang kering saat kemarau mudah longsor ketika diguyur hujan.

BPBD Kabupaten Bogor mencatat ada 161 tanah longsor dan banjir 43 kejadian selama 2014. Januari hingga awal November 2015 tercatat ada 89 tanah longsor, 20 banjir, dan 4 bencana puting beliung.

Dia mengatakan, dari 40 kecamatan, terdapat 27 kecamatan rawan bencana longsor, banjir dan angin puting beliung.

"Dari 27 kecamatan dibagi menjadi 2 zona, yakni zona merah dan kuning," kata Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor Budi Aksomo di Bogor, Rabu (18/11/2015).

Untuk zona merah atau beresiko tinggi longsor ada di 4 kecamatan yaitu Kecamatan Leuwiliang, Cigombong, Nanggung dan Sukamakmur.


Sementara bencana longsor dan banjir dengan kategori berisiko sedang atau zona kuning terdapat di 23 kecamatan. Antara lain Cigudeg, Rumpin, Babakan Madang, Caringin, Pamijahan, Cisarua.

"Potensi terjadinya longsor di Cigudeg dan Rumpin ada di area pertambangan," jelas Budi.

Selain itu, ada 3 wilayah yang berpotensi terjadinya pergerakan tanah. Wilayah ini merupakan lokasi padat penduduk, yakni di Kecamatan Cigudeg, Sukamakmur, dan Sukajaya.

Sementara, potensi puting beliung berada di Kecamatan Ciomas, Tamansari dan Dramaga. "Potensi bencana ada di wilayah selatan, barat, dan timur Kabupaten Bogor. Meskipun di wilayah utara dan pusat perkotaan ada bencana, namun relatif kecil," tutur Budi. (Bob/Nil)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.