Sukses


Alasan Ketua MPR Pilih Sumbar untuk Peringati Hari Pahlawan

Sumatera Barat adalah tempat berjalannya roda pemerintahan Republik Indonesia ketika masa penjajahan oleh tentara sekutu pada Desember 1948.

Liputan6.com, Padang - Ketua MPR Zulkifli Hasan melakukan lawatan ke Sumatera Barat dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 2015. Selain menjadi pemimpin upacara, ia juga menyempatkan bertemu dengan para tokoh adat Bungus Teluk Kabung, Padang.

Zulkifli memilih Sumatera Barat untuk memperingati Hari Pahlawan karena salah satu tokoh dan pendiri bangsa Indonesia berasal dari Sumatera Barat, yakni Mohammad Hatta atau akrab disapa Bung Hatta.

"Presiden ke Surabaya, Wakil Presiden ke Taman Makam Pahlawan Jakarta dan saya memilih ke Sumatera Barat. Karena apa, karena putra asli Sumatera Barat memiliki peran penting dalam terbentuknya republik ini," kata Zulkifli di Bungus Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat‎, Selasa (10/11/2015).

Selain itu, ia mengingatkan, jika Sumatera Barat adalah tempat berjalannya roda pemerintahan Republik Indonesia ketika masa penjajahan oleh tentara sekutu pada Desember 1948.

‎"Di mana Desember 1948 terbentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia di Sumatera Barat atas mandat Bung Karno dan Bung Hatta," ujar dia.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini (PAN) ini juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para tokoh adat Bungus yang telah mengundangnya bersilaturahmi. Dia pun berpesan, agar semua masyarakat bisa menjadi pahlawan-pahlawan baru bagi Indonesia.

"Terima kasih atas undangannya, kita terus menjaga kesatuan dan bangsa ini butuh pahlawan-pahlawan baru dari anak bangsa untuk mewujudkan Indonesia makmur, sejahtera dan bersih," kata Zulkifli Hasan. (Nil/Ans)
‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini