Sukses

Agus Salim, Pahlawan Pertama yang Disemayamkan di TMP Kalibata

Makam yang dibangun tahun 1953 itu kini telah menampung lebih dari 7.000 jenazah anggota militer, veteran perang dan tokoh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak kenal Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata yang terletak di Jakarta Selatan itu. Makam yang dibangun pada 1953 itu kini telah menampung lebih dari 7.000 jenazah anggota militer dan veteran sejak Perang Kemerdekaan Indonesia, serta tokoh-tokoh bangsa Indonesia lainnya.

Menurut penjaga makam TMP Kalibata Hamdani (61), orang yang pertama kali dimakamkan di TMP ini adalah mantan Menteri Luar Negeri RI yang juga pemimpin Sarekat Islam kedua, Agus Salim. Sehingga tak heran, jika makam Agus Salim lebih ramai dikunjungi.


"Makamnya Pak Agus Salim, makam pertama kali di sini. Jadi ramai. Kalau sekarang kan banyak yang pindahan," kata Hamdani di TMP Kalibata, Jakarta, Selasa (10/11/2015).

Selain Agus Salim, ada pula beberapa makam pahlawan yang sering dikunjungi peziarah. Mereka adalah Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani, Mayor Jenderal TNI Anumerta Donald Isaac Panjaitan dan para pahlawan revolusi lainnya.

"Makam yang sering dikunjungi di sini makam para pahlawan revolusi. Seperti makam Ahmad Yani, Pandjaitan, makam-makam para pahlawan revolusi, pasti ramai ditaburi bunga. Hampir setiap ada acara pasti ramai," ujar pria yang sudah sejak 1955 berada di daerah Kalibata. (Nil/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.