Sukses

Bupati Sarolangun Tegaskan Foto Jokowi Bersama Orang Rimba Asli

Dia merupakan saksi hidup Jokowi berbincang dengan Orang Rimba.

Liputan6.com, Jakarta - Bupati Sarolangun, Jambi, Cek Endra menegaskan foto Presiden Joko Widodo saat berdialog bersama Orang Rimba atau biasa disebut Suku Anak Dalam (SAD), bukan rekayasa. Dia merupakan saksi hidup Jokowi berbincang dengan Orang Rimba.

"Foto itu asli. Karena saya sendiri yang mendampingi beliau menemui SAD. Cuma ada 1 orang di 2 foto tersebut yang memakai baju batik warna merah cokelat. Itu kan Husni Thamrin, Babinsa," jelas Cek Endra di Jambi, Selasa 3 November 2015.

Dialah yang sengaja meminta Babinsa untuk mendampingi Presiden Jokowi pada saat itu. Dia meminta anggota Babinsa untuk menjadi penerjemah antara presiden dan Orang Rimba.

Selain Husni Tamrin, lanjut dia, ada 2 warga SAD yang mengenakan baju batik sama, yaitu baju batik Jambi.

Cek Endra menyayangkan informasi yang beredar di sosial media yang menyatakan foto tersebut rekayasa. "Berita di sosmed itu bohong," tukas dia.

Usai Presiden Jokowi berkunjung 2 hari ke Jambi, beredar artikel yang menyebut foto pertemuan Jokowi dengan Orang Rimba, rekayasa. Kabar itu membandingkan dua buah foto.

 

Sebelumnya, Jokowi terbang ke Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, untuk meninjau kondisi Orang Rimba yang semakin terpojok lantaran kabut asap.

Selain berdialog, Jokowi menyerahkan sejumlah bantuan termasuk berjanji membangun perumahan khusus warga Rimba. (Bob/Nil)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.