Sukses

Temui Jokowi, Presiden Finlandia Bagi Pengalaman Kelola Gambut

Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Presiden Finlandia Sauli Niinisto dan Ibu Negara Jenni Haukio di Istana Merdeka sore nantil.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi akan menerima kunjungan kehormatan Presiden Finlandia Sauli Niinisto dan Ibu Negara Jenni Haukio di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta sore nanti. Sejumlah agenda penting bakal dibicarakan dalam pertemuan bilateral terseb‎ut.

S‎alah satu yang didiskusikan antara 2 kepala negara itu, yakni mengenai pengelolaan lahan gambut di masing-masing negara.

"Presiden ingin mendengarkan, ini kan permasalahan serius (kebakaran lahan gambut). Finland kan juga punya gambut, jadi kita ingin mengetahui bagaimana Finlandia mengelola lahan gambutnya. Kita ingin tangani gambut ini," ujar Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/11/2015). ‎

Menurut Pratikno, negara wilayah Scandinavia itu memiliki lahan gambut yang cukup luas. Namun mereka mampu mengelolanya.

"B‎anyak negara cukup berhasil (salah satunya Finlandia), dan kita harus perbaiki itu bagaimana tata kelola gambut. Dan kita juga harus berhasil," kata dia. ‎

Berdasarkan jadwal kegiatan Presiden Jokowi yang diterima Liputan6.com dari Biro Pers Istana Kepresidenan, Presiden Finlandia akan tiba di Istana Negara pada pukul 16.00 WIB. Mereka terlebih dulu mengikuti upacara penyambutan kenegaraan di halaman depan Istana Merdeka.

‎Kunjungan kehormatan akan dilanjutkan dengan pertemuan bilateral kedua delegasi dan menyaksikan penandatanganan kerja sama Republik Indonesia (RI)-Republik Finlandia di bidang energi terbarukan (renewable energy), teknologi informasi (information technology), dan dilanjutkan dengan penyampaian keterangan pers bersama.

Acara kunjungan kenegaraan dilanjutkan pukul 19.00 WIB. Presiden Niinisto dan Jenni Haukio akan dijamu dengan santap malam kenegaraan di Istana Negara. (Ndy/Bob)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.