Sukses

Presiden Dijadwalkan Bertemu Warga Rimba Jambi Pagi Ini

Pada pertemuan itu, Jokowi akan didampingi Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Liputan6.com, Jambi - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bertemu sejumlah warga Rimba Jambi atau biasa disebut Suku Anak Dalam (SAD) yang menempati kawasan Taman Nasional Bukit Dua Belas (TNBD) di Kabupaten Sarolangun, Jambi.

Jokowi akan bertemu warga rimba yang ada di Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun.

Pada pertemuan itu, Jokowi akan didampingi Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Letkol Arm Anang Krisna Indra dari Sekretariat Militer Setneg mengatakan, persiapan untuk menyambut kedatangan Presiden sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu. Presiden Jokowi akan terbang dari Palembang, Sumatera Selatan, menuju Kota Jambi, sekitar pukul 07.00 WIB, Jumat (30/10/2015).

Dari Kota Jambi, Presiden bersama Mensos langsung menuju Desa Bukit Suban menggunakan helikopter.

"Kemungkinan Presiden mendarat di Bukit Suban pukul 08.30 WIB," ujar Anang ketika ditemui di Desa Bukit Suban, Kamis 29 Oktober 2015.

Selain bersilaturahmi dan meninjau langsung kehidupan warga Rimba, Presiden dan Mensos juga akan memberikan sejumlah bantuan.

Sebelumnya, puluhan warga Rimba Jambi menderita gangguan kesehatan, baik karena dampak kekeringan maupun kabut asap.

 

Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi yang selama belasan tahun mendampingi Orang Rimba Jambi menyatakan sudah mendirikan rumah evakuasi khusus warga Rimba terdampak kabut asap. KKI Warsi mencatat sudah ada 40 orang Rimba menderita gangguan kesehatan.

Kawasan TNBD yang membentang di Kabupaten Sarolangun dan Batanghari, Jambi, menjadi rumah yang banyak dihuni warga Rimba Jambi. Tercatat ada sekitar 4.000 jiwa lebih orang Rimba di kawasan tersebut. (Bob/Ron)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.