Sukses

Pesan Menkes Bagi Korban Asap Agar Tak Terserang ISPA

Warga dilarang ke luar rumah, terutama bagi yang beresiko tinggi seperti balita, anak-anak, lansia dan ibu hamil.

Liputan6.com, Jambi - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek memberikan tips bagi warga yang berada di wilayah bencana asap agar terhindar dari Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

Tips ini dia berikan saat berdialog dengan sejumlah pasien di Puskesmas Putri Ayu, Kota Jambi. Menurut Nila, salah satu upaya pencegahan ISPA adalah warga tidak ke luar rumah. Apalagi bagi warga yang beresiko tinggi seperti balita, anak-anak, lansia dan ibu hamil.

"Lebih baik di dalam rumah saja, dan apabila harus bepergian, gunakan masker," ujar Menkes, Rabu (28/10/2015).

Sementara untuk mengurangi dampak asap masuk ke dalam rumah, warga dianjurkan agar ventilasi rumah ditutup dengan kain basah. Supaya partikel yang terbawa asap tidak masuk ke dalam rumah.

Selain itu, warga yang terpapar kabut asap juga diminta banyak minum air putih serta memperbaiki gizi dan ketahanan tubuh.

"Jika ISPU sudah mencapai angka 400, warga lebih baik mengurangi aktivitas di luar rumah," kata dia.

Di puskesmas itu, Menteri Nila melihat langsung persiapan dan kesiapan layanan kesehatan serta lokasi evakuasi bagi warga terdampak kabut asap.

Ia memastikan, jika Provinsi Jambi juga akan mendapatkan bantuan khusus akibat bencana asap.  "Dan itu akan saya cek, apakah bantuan tersebut sampai ke Provinsi Jambi, kabupaten/kota dan sebagainya," ujar Nila.

Selain Menkes, sejumlah menteri lain juga turut berkunjung ke Jambi Selasa kemarin dengan menggunakan helikopter. Diantaranya adalah, Mendikbud Anis Baswedan dan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Luhut Binsar Pandjaitan.

Kemudian Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Ketua DPR RI Setyo Novanto.

Sejumlah pejabat tinggi ini juga ikut menghadiri rapat koordinasi penanganan kebakaran hutan dan lahan serta rencana evakuasi korban asap bersama gubernur serta bupati/walikota se-Provinsi Jambi. (Nil/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini