Sukses

Jadi Chef Profesional di Rumah? Yuk, Gunakan Pisau Ini!

Pisau Ini Akan Membuatmu Menjadi Chef Profesional di Rumah, lho!

Liputan6.com, Jakarta Dapur jadi tempat di mana Anda memasak untuk rumah tangga Anda, wajar jika dapur menjadi salah satu tempat yang wajib ada di dalam rumah Anda.

Anda juga harus benar-benar memperhatikan dapur Anda dari segi apapun. Kebanyakan orang hanya memperhatikan dari segi dapur saja. Semestinya tak hanya dari segi kebersihan saja, namun dari segi peralatan dapur juga penting untuk diperhatikan.
Pisau menjadi salah satu alat rumah tangga yang wajib dan pasti selalu ada di dalam dapur Anda. Alat ini memang sangat berbahaya dalam penggunaannya, namun pisau memang sangat bermanfaat dan menolong saat kita memasak.

Alat ini memang kecil tapi bisa berfungsi besar sekali dalam hal memotong sayur, mengupas bawang, dan memotong daging.
Sebenarnya esensinya sama, tetapi akan lebih efektif dan baik lagi jika Anda bisa memasak dengan pisau yang berbeda-beda.
Berbeda-beda?

Nah, biar Anda lebih memahami dan bisa memasak seperti chef-chef profesional, berikut ini penjelasan berbagai macam peralatan dapur jenis pisau juga fungsinya:

Chef's Knife
Pada umumnya, di semua dapur sudah terdapat pisau jenis ini. Pisau ini cukup disukai oleh para ibu rumah tangga karena manfaatnya yang sangat beragam. Chef's Knife adalah pisau serbaguna yang biasa Anda gunakan saat memasak di dapur. Hampir semua jenis makanan dan masakan bisa dipotong menggunakan Chef's Knife ini.

Cleaver Knife
Jika Anda sering melihat tukang daging di pasar memotong daging menggunakan pisau, nah itulah bentuk dari pisau ini.
Jenis pisau ini mempunyai ciri khas ukurannya yang lebar dan bobotnya yang lumayan berat. Pisau ini sangat cocok digunakan untuk memotong daging, memotong segala jenis tulang, memotong sayuran, mengiris dan menghaluskan bawang putih dan masih banyak lagi.

Serrated Knife
Pisau ini disebut juga pisau roti, mempunyai ciri bagian bawah pisau ini bergerigi dan bentuknya yang memanjang. Pisau jenis ini cocok digunakan untuk memotong roti atau cake dan hasilnya potongannya pun akan lebih halus dan lebih lembut.
Selain untuk memotong kue, Seratted Knife bisa juga digunakan untuk memotong bahan makanan yang memiliki kulit yang halus dan licin, seperti tomat, mentimun, dan terong.

Boning Knife
Pisau Boning Knife ini memiliki ciri bentuknya yang memanjang dan ukurannya yang ramping.
Boning Knife disebut juga dengan pisau fillet yang biasanya digunakan untuk memisahkan daging pada tulangnya, membuat irisan daging yang sangat tipis dan membuang lemak pada daging.

Paring Knife
Pisau ini biasanya sering dipakai untuk mengukir buah dan sayuran. Ukurannya sangat kecil, pendek dan melengkung. Dengan desain yang seperti ini, akan memaksimalkan fungsi dari pisau ini untuk mengukir buah dan sayuran.

Slicing Knife
Slicing Knife disebut juga dengan pisau iris. Sepintas, pisau jenis ini memiliki kesamaan dengan pisau serba guna, namun desain slicing knife ini lebih sempit dan tipis. Selain itu, pisau jenis ini bisa untuk membuat irisan bahan masakan yang lebih tipis dan juga untuk mengiris kulit buah agar lebih rapih dan rata.

Tidak sulit bukan menjadi chef profesional dengan semua jenis pisau di atas?
Kini Anda bisa mudah mencari dan mendapatkan semua jenis pisau dan juga berbagai macam peralatan dapur di sini!

 

(Adv/HA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini