Sukses

Hujan Turun, Kabut Asap di Riau Justru Memburuk

Jarak pandang di Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, hanya 50 meter.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan mengguyur sebagian besar wilayah Riau. Namun, guyuran hujan tersebut belum mampu mengusir kabut asap pekat di daerah tersebut. Sejumlah daerah, seperti di Pelalawan justru memburuk.

"Turunnya hujan semalam belum mampu mengusir kabut asap di beberapa daerah Riau," ungkap Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru Sugarin, Minggu (25/10/2015).

Dia menjelaskan hujan hanya bisa membuat kabut asap di Pekanbaru menipis, yaitu 1.000 meter. Sementara jarak pandang di Kota Dumai dan Kabupaten Pelalawan, justru memburuk, yaitu 100 meter.

"Kabut asap yang paling parah itu terjadi di Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu. Jarak pandang di daerah ini hanya 50 meter," ungkap Sugarin.

Masih pekatnya kabut asap meski diguyur hujan tak terlepas dari titik api yang masih bermunculan di Provinsi Sumatera Selatan. Angin kemudian membawa hasil kebakaran hutan dan lahan itu ke Riau.

"Pada pagi ini, Satelit Terra dan Aqua mendeteksi 581 titik panas di Sumatera, yang menyebar di tujuh provinsi. Paling dominan Sumatera Selatan dengan 483 titik panas," sebut Sugarin.

Sementara di Jambi, tambah dia, terpantau 55 titik panas, Bangka Belitung 16, Riau 12, Kepri 8, Lampung 5 dan Bengkulu 2 titik panas.

"Untuk di Riau 12 titik panas itu tersebar di Kabupaten Pelalawan 3 titik, Siak, Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu, masing-masing 2 titik panas," pungkas Sugarin.

Selain tak mampu mengusir kabut asap, hujan belum mampu membuat kualitas udara di Riau membaik. Level udara di sini masih berada pada level berbahaya.

Ini seperti yang ditunjukkan 10 dari 11 alat Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang terpasang. Kualitas udara berbahaya ini terdapat di Pekanbaru, Rumbai, Petapahan, Siak, Minas, Bangko, Libo, dan Duri. (Bob/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.