Sukses

Lahan Semakin Sempit, Suku Baduy Ingin Bertemu Jokowi

Tujuan warga Baduy bertemu Jokowi untuk meminta perhatian pemerintah pusat terkait dengan kebijakan perlindungan masyarakat adat dan haknya.

Liputan6.com, Serang - Sebanyak 5 warga Suku Baduy Dalam meminta Gubernur Banten Rano Karno mempertemukan mereka dengan Presiden Joko Widodo. Mereka ingin berkeluh kesah secara langsung kepada orang nomor satu di Tanah Air itu.

"Kami menilai bahwa Gubernur Banten memiliki kuasa untuk bisa mempertemukan warga Baduy dengan Presiden. Saat ke Istana, kami tidak bisa bertemu dengan Presiden," kata Ayah Mursyid, tokoh suku Baduy Dalam, saat ditemui di Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Banten, Rabu 7 Oktober 2015.

Hal ini dilakukan lantaran protokoler Istana dan penjagaan terhadap Presiden Jokowi yang terlalu ketat. Meski Suku Baduy diundang untuk menghadiri HUT Kemerdekaan Indonesia di Istana Negara, Jakarta, pada 17 Agustus 2015 dan HUT ke-70 TNI pada 5 Oktober 2015, mereka tak diberi kesempatan untuk bertemu Presiden Jokowi.

Tujuan warga Baduy bertemu Jokowi untuk meminta perhatian pemerintah pusat terkait dengan kebijakan perlindungan masyarakat adat dan hak adat.

"Kami berharap bisa menyampaikan ini semua kepada Pak Presiden," terang Mursyid.

Tak hanya itu, Mursyid menyampaikan keluh kesah warga Suku Baduy terkait semakin menyempitnya lahan pertanian adat mereka.

"Tujuan kedatangan kami ini ingin menyampaikan, lahan yang dimiliki oleh warga Baduy mulai terbatas. Hal itu seiring dengan makin berkembangnya jumlah warga Baduy," jelas Mursyid.

Wakil Jaro Tangtu Cibeo itu bercerita saat ini warga Baduy Dalam dan Baduy Luar berjumlah 11.620 jiwa yang tersebar di 64 kampung. Sebanyak 3 kampung di antaranya merupakan kampung Baduy Dalam, yakni kampung Cibeo, Cikesik dan Cikertawana.

Mursyid mengaku warga Baduy membutuhkan lahan pertanian. Sebab setiap tahunnya, warga Baduy harus berladang.

"Kami juga membutuhkan promosi agar hasil kerajinan kami laku, sehingga masyarakat Baduy memiliki peningkatan pendapatan," tegas Mursyid.

Rano Karno akan berusaha mengakomodasi keinginan para warga Suku Baduy yang disampaikan oleh Ayah Mursyid. Dia pun akan berusaha mempertemukan Suku Baduy dengan Jokowi.

"Wajar jumlah mereka tiap tahun kan bertambah dan luas (lahan pertanian) sekarang sudah mulai tidak cukup untuk warga Baduy. Sedangkan mereka butuh tempat untuk bercocok tanam," kata Gubernur Banten, Rano Karno, Rabu 7 Oktober 2015. (Bob/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini