Sukses

DPRD DKI Jakarta Kembali Anggarkan Dana Kunker di RAPBD 2016

Untuk menentukan kota mana saja yang ingin dikunjungi, Dame menyerahkan kepada para anggota dewan yang akan berangkat.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPRD DKI Jakarta tahun ini akan melaksanakan kunjungan kerja atau kunker ke luar negeri. Setidaknya ada 4 kota sister city yang tertera pada APBD 2015. Bahkan, untuk tahun 2016 dewan kembali menganggarkan dana untuk 'pelesiran' ke luar negeri.

"Untuk tahun ini anggarannya Rp 1,053 miliar," kata Kepala Bagian Keuangan Sekretariat Dewan Dame Aritonang di gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (7/10/2015).

Setidaknya DKI Jakarta punya 21 sister city. Untuk menentukan kota mana saja yang ingin dikunjungi, Dame menyerahkan kepada para anggota dewan yang akan berangkat.

"Tahun 2015, dana ini belum digunakan. Sampai sekarang belum ada anggota dewan yang ke luar negeri," jelas dia.

Sementara, dalam rapat badan anggaran, usulan ke luar negeri kembali muncul. Usulan datang dari anggota dewan, termasuk kota yang akan dikunjungi serta siapa saja anggota dewan yang akan berangkat.

Dalam Rapat Kerja Anggaran 2016 yang diajukan ke Banggar tertera dewan mengajukan anggaran Rp 1.120.379.600 untuk Jepang, Tiongkok, Korea Selatan, dan Amerika Serikat. Termasuk usulan untuk ke Rotterdam, Belanda seperti yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

"Kunjungan kerja yang pasti ke sister city, tapi belum bisa tentukan kunjungan kerjanya ke berapa negara. Misalnya, pada 2016 sudah disetujui ke negara mana saja, tapi kalau volume pekerjaannya tidak memungkinkan bisa saja batal atau belum tentu terealisasi. Kan mengutamakan pekerjaan yang di sini dulu," tutur Dame.

"Kalau anggaran dalam RKA itu rancangan awal yang belum dikoreksi oleh dewan dan masih bisa berubah," tutup dia. (Ado/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini