Sukses

Jemaah Haji Asal Purbalingga Meninggal di Pesawat saat Transit

Dari bandara, jenazah akan dibawa ke Asrama Haji Donohudan untuk diserahterimakan kepada keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang haji asal Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, yang tergabung Kelompok Terbang (Kloter) 6 Debarkasi Solo, meninggal dunia di dalam pesawat terbang yang membawanya pulang ke Tanah Air.

Kepala Subbagian Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi di Boyolali, Kamis (1/10/2015) mengatakan, berdasarkan laporan tim medis PPIH dari Rumah Sakit Zaenal Abidin Aceh, Siti Ngafifah Achmad Sukemi (65) meninggal dunia saat pesawat transit di Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh, Rabu (30/9/2015)sekitar pukul 21.00 WIB.

Menurut dia, rombongan haji Kloter 6 berangkat dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada Rabu, 30 September pukul 07.25 waktu Arab Saudi.

Saat pesawat sedang transit di Aceh, petugas melihat dia tertidur pulas di kursinya. Petugas lalu memeriksa dan ternyata dia sudah meninggal dunia.

Jenazah Siti Ngafifah kemudian dibawa ke Rumah Sakit Zainal Abidin Aceh untuk divisum. Menurut Gentur, jenazah Siti Ngafifah sekarang sudah dimandikan di dikafani dan akan diterbangkan ke Solo menggunakan pesawat reguler pukul 12.30 WIB. Diperkirakan jenazah tiba di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Kamis sore ini.

Dari bandara, jenazah akan dibawa ke Asrama Haji Donohudan untuk diserahterimakan kepada keluarga. "Kami sudah menghubungi petugas daerah Purbalingga soal meninggalnya satu hajinya, dan mereka melanjutkan ke pihak keluarga," kata Gentur.

Jemaah Sakit

Satu jemaah haji lain juga dirawat di RS Zainal Abidin karena sakit sesak napas saat transit di Aceh. Anggota Kloter 6 Debarkasi Solo, Sayudi Ahmadi Direjo, itu sakit karena infeksi paru-paru dan sekarang menjalani perawatan. Sayudi kini didampingi istrinya, Siti Chasanah Tirta Wineja.

"Haji yang sakit ini, jika sudah dinyatakan sembuh oleh tim dokter akan dipulangkan dengan rombongan haji kloter selanjutnya ke Solo," kata Gentur.

Rombongan haji Kloter 6 yang terdiri dari 335 jemaah lantas melanjutkan perjalanan dan tiba di Bandara Adi Soemarmo pada Kamis pukul 01.41 WIB.

Sebanyak 2.482 haji dari tujuh kelompok terbang sudah kembali lewat Solo. Rombongan haji Kloter 7 tiba di bandara pada pukul 08.58 WIB, terlambat sekitar dua jam 38 menit dari jadwal semula pukul 06.20 WIB.

"Rombongan haji tiba di Tanah Air masih ada keterlambatan dari waktu yang dijadwalkan. Ini karena masih padatnya arus lalu lintas udara di Bandara King Abdul Aziz di Jeddah," tandas Gentur. (Ant/Mvi/Sun)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini