Sukses

Kapolda Jateng: Dokumen Rahasia Bisa Diselamatkan

Data aman karena salinannya juga ada di Mabes Polri.

Liputan6.com, Semarang - Kebakaran dahsyat yang melanda Mapolda Jawa Tengah dipastikan tidak menghilangkan data-data rahasia. Sebab, data sudah di-back up dalam bentuk soft copy.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Noer Ali mengatakan, data hard copy yang sifatnya rahasia di intelijen Dit Intelkam Polda Jateng juga masih aman. Meskipun, ada juga data-data soft copy yang ikut hangus terbakar saat kebakaran dahsyat terjadi di gedung B dan menghanguskan ruang intel.

"Alhamdulillah meski singkat, masih punya waktu (menyelamatkan barang-barang), dokumen dan alat operasional yang secret (rahasia) bisa diselamatkan. Dilaporkan tidak ada yang serius. Polda Jateng akan berjalan normal," kata Noer Ali di Mapolda Jateng, Kamis (1/10/2015).

Direktur Intelkam Polda Jateng Kombes Mamat Surahmat menegaskan, tidak ada dokumen yang hilang akibat kebakaran. Data juga sudah di-back up di Mabes Polri.

"Wujud hard copy terbakar, tapi masih ada masternya di hard disk. Saya punya dokumen 1 tera, aman," kata Mamat.


Kebakaran melanda Polda Jawa Tengah (Liputan6.com/ Edhie Prayitno Ige)

Kebakaran hebat yang terjadi Rabu 30 September kemarin, menghanguskan gedung B atau kantor 5 satker Mapolda Jateng. Salah satunya Dit Intelkam. Sejumlah dokumen berupa buku dan kliping hangus terbakar.

Diduga api berasal dari korsleting listrik dan saat ini masih diselidiki di Laboratorium Forensik. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini