Tiba di Halim, Jokowi Akhiri Lawatan 5 Hari ke Timur Tengah

Oleh Nafiysul Qodar pada 16 Sep 2015, 00:49 WIB
Diperbarui 16 Sep 2015, 00:49 WIB
20150911-Presiden Jokowi-Jakarta
Perbesar
Presiden Jokowi (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur setelah melawat ke 3 negara di Timur Tengah selama 5 hari. Jokowi ‎sampai di Tanah Air, malam tadi sekitar pukul 22.50 WIB.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Selasa (15/9/2015), Jokowi yang mengenakan setelan jas dan celana hitam turun dari ‎pesawat kepresidenan seorang diri tanpa didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Di bandara, Jokowi langsung disambut sejumlah tokoh dan petinggi negara.

Hadir dalam acara penyambutan, Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Menkominfo Rudiantara, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti, anggota DPR Ruhut Sitompul, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengunjungi 3 negara di wilayah Timur Tengah yakni Arab Saudi, Qatar, dan Uni Emirat Arab (UEA) selama 5 hari. Jokowi bertolak ke Timur Tengah sejak Jumat 11 September 2015.

‎Ada 4 agenda penting dalam lawatan Jokowi ke 3 negara itu. Yakni meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi, industri, ketahanan energi, dan perlindungan warga negara Indonesia atau WNI yang bekerja di negara-negara tersebut.

"‎Tujuan kunjungan (Jokowi) ada 4, yaitu meningkatkan kerja sama ekonomi, meningkatkan kerja sama mitra strategis teknik industri, perlindungan WNI karena jumlah WNI di 3 negara itu ada sekitar 1,4 juta orang. Terakhir kerja sama ketahanan energi Indonesia," papar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Armanatha Nasir, Jakarta, Jumat 11 September 2015. (Ans/Ado)