Sukses

Indonesia Raya Berkumandang Kala Jokowi Blusukan di Abu Dhabi

Jokowi tak cuma disambut rakyatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Jokowi tidak menyia-nyiakan waktunya di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) untuk blusukan dan melihat-lihat seisi kota. Pukul 21.15 waktu setempat atau dini hari WIB, pemilik nama Joko Widodo itu mengunjungi Lulu Hypermarket yang berada di pertokoan Khalidiyah Mall.

Saat itu lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan. Seperti dikutip dari laman Setkab.go.id, Senin (14/9/2015), tanpa ada yang mengomando, masyarakat Indonesia yang memenuhi Lulu Hypermarket menyanyikan lagu tersebut dengan serempak.

Para WNI di Abu Dhabi memang telah menunggu kehadiran sang Presiden yang baru pertama kali melakukan kunjungan ke negara-negara Timur Tengah. Mereka tampak antusias.

Jokowi tak cuma disambut rakyatnya. Pemilik LuLu Hypermarket Yousuf Ali pun turut menyambutnya. Sementara Jokowi tak henti-henti menyalami orang-orang.

LuLu Hypermarket akan menjadi outlet bagi produk-produk dari Indonesia. Supermarket itu mempunyai jaringan yang luas yang tersebar di Timur Tengah dan Asia, yaitu ada 165 outlet.

Presiden Jokowi menjelaskan, kedatangannya di LuLu Hypermarket untuk melihat produk-produk dari Indonesia, baik produk dari pabrik maupun produk petani, seperti bawang merah, buah-buahan, pepaya, sirsak, jambu, mangga, dan nangka.

Saat itu, ayah 3 anak tersebut mengingatkan pemilik LuLu Hypermarket yang telah dikenalnya sejak 11 tahun yang lalu untuk mengembangkan produk-produk kecil dari desa-desa dan kampung-kampung, seperti kerajinan tangan.

"Oleh sebab itu tadi saya meminta agar memperbanyak lagi produk-produk yang diimpor dari Indonesia," kata Presiden.

Kepada pemilik LuLu Hypermarket, Jokowi juga menanyakan tentang harga dari produk-produk Indonesia tersebut. "Harga dari Indonesia kompetitif, tetapi dari sisi kualitas memang masih perlu ditingkatkan lagi," tutur Jokowi.

Untuk meningkatkan kualitas itu, lanjut Presiden, menjadi tugas pemerintah. "Daya saing produknya ada, tidak ada masalah, tetapi kualitasnya perlu diperbaiki," ucap Presiden

Dalam kunjungan ke Lulu Hypermar itu, Presiden Jokowi didampingi oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil. (Ndy/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini