Sukses

Tanpa Menag Lukman, Tokoh Agama Hadiri Sidang Isbat Iduladha

Dengan penetapan 1 Zulhijah, maka akan diketahui Hari Raya Iduladha yang jatuh pada 10 Zulhijah.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama menggelar sidang isbat untuk menentukan awal bulan Zulhijah 1436 Hijriyah. Sidang yang digelar di Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat itu tak dihadiri oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Hal ini lantaran Menteri Lukman diutus Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk mengunjungi korban tragedi Mekah jatuhnya alat berat atau crane di Masjidil Haram.

Karena itu Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Machasin dan Sekjen Kementerian Agama Nur Syam yang menggantikan posisi Menteri Lukman Hakim untuk memimpin jalannya sidang isbat. Demikian dipaparkan Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama Rudi Subiyantoro.

"Nanti Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Sekjen Kementerian Agama yang akan memberikan konferensi pers tentang penetapan 1 Zulhijah," ujar Rudi di Jakarta, Minggu (13/9/2015).

Pantauan Liputan6.com, sejumlah tokoh agama, pimpinan ormas Islam, dan utusan beberapa kedutaan besar negara sahabat menghadiri sidang isbat yang digelar tertutup ini.

Selain itu, Komite Pemantau Hilal di Uni Emirat Arab dan Arab Saudi juga akan bersama-sama melakukan observasi terhadap kemungkinan munculnya hilal.

Dengan penetapan 1 Zulhijah, maka akan diketahui Hari Raya Iduladha yang jatuh pada 10 Zulhijah. Astronom sebelumnya memprediksi bahwa Bulan Zulkaidah dalam kalender Islam hanya akan berjumlah 29 hari. Sehingga 1 Zulhijah jatuh pada Senin 14 September 2015. (Ndy/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini