Sukses

Korban Meninggal Tragedi Mekah Terus Bertambah Paling Hits

Berikut Top 5 News edisi Sabtu 12 September 2015.

Liputan6.com, Mekah - Sebuah crane di Masjidil Haram, Kota Mekah jatuh saat terjadi hujan badai yang menerpa kawasan tersebut pada Jumat 11 September 2015 sore sekitar pukul 17.00 waktu setempat. Namun terkait data korban jiwa secara keseluruhan masih simpang siur hingga kini. Data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menyebutkan korban jiwa 107 orang, sedangkan korban luka lebih dari 200 orang.

Nah, berita tersebut menyedot perhatian pembaca portal berita kesayangan Anda, Liputan6.com, terutama di kanal News sepanjang Sabtu 12 September 2015. Sementara 4 berita lainnya masih didominasi oleh kabar mengenai musibah di Tanah Suci tersebut.

Selengkapnya Top 5 News...

1. Terus Bertambah, Korban Meninggal Crane Jatuh Menjadi 107

Jumlah korban jatuhnya crane di Masjidil Haram, Mekah terus bertambah. Dari jumlah sebelumnya, 87 tewas, Otoritas Pertahanan Sipil Arab Saudi menyebut korban meninggal mencapai 107 orang. Sedangkan 230 lainnya luka.

"Kejadiannya Jumat sekitar pukul 17,23 (waktu setempat)," tukas Direktur Umum Otoritas Pertahanan Sipil Arab Saudi Sulayman Bin-Abdullah al-Amr.

Sesaat sebelum kejadian, kata Sulayman, Mekah dihajar hujan deras dan angin kencang yang tidak biasa.

Seperti dikutip dari BBC, Sabtu (12/9/2015), gambar menunjukkan bagian dari crane merah besar yang jatuh melalui atap masjid. Belum diketahui persis penyebabnya.

Selengkapnya...


2. Beredar Video Detik-Detik Sebelum Crane Jatuh di Mekah

Tak ada yang menduga bahwa ibadah haji kali ini diwarnai duka akibat musibah crane jatuh di Masjidil Haram, Mekah.

Kota Suci Mekah menghadapi salah satu fenomena alam berupa hujan deras dan angin kencang seperti badai pada Jumat 11 September kemarin. Hujan disertai gemuruh dan angin kencang dan petir, melanda seluruh bagian Kota Suci dan sekitarnya.

Tak berapa lama kemudian, kabar mengejutkan datang dari mataf (kawasan terbuka) di Masjidil Haram. Alat berat berupa crane di sana jatuh, menimpa para tamu Allah yang sedang beribadah di bawahnya.

Video detik-detik saat crane jatuh ke arah para jemaah haji pun beredar luas di dunia maya. Dalam tayangan yang salah satunya dimuat Al Arabiya, Sabtu (12/9/2015), terlihat betapa dahsyatnya hujan yang mengguyur.

Selengkapnya...

3. Daftar Nama Jemaah Haji Indonesia Korban Crane Jatuh di Mekah

Sebuah crane besar jatuh di Masjidil Haram saat angin kencang dan hujan lebat melanda Mekah, Arab Saudi, Jumat 11 September 2015. Musibah ini menelan sedikitnya 107 korban jiwa yang semuanya merupakan jemaah calon haji dari berbagai negara, saat sedang beribadah di Masjidil Haram. 4 Di antaranya adalah jemaah haji asal Indonesia.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menegaskan, secara resmi diutus Presiden Joko Widodo untuk mengunjungi sejumlah korban yang berada di rumah sakit.

"Intinya, Pemerintah sangat berduka atas musibah ini, dan tentu mengharapkan para korban luka khususnya dan para keluarganya, bisa lebih memperbesar sabar. Mudah-mudahan ada hikmah dari musibah ini," kata Lukman yang dikutip kemenag.go.id, Sabtu (12/9/2015).

Selengkapnya...

4. 34 Jemaah Calon Haji Indonesia Jadi Korban Crane Jatuh

Setidaknya 34 calon haji Indonesia menjadi korban musibah crane jatuh di Masjidil Haram, ketika hujan lebat disertai angin kencang melanda kota Mekah, Jumat sore 11 September 2015.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Indonesia Fidiansjah di Mekah, menjelaskan sampai Jumat pukul 23.00 Waktu Arab Saudi (WAS) atau pukul 03.00 WIB, 2 anggota jemaah perempuan meninggal pada peristiwa itu dan 32 jamaah lainnya mengalami luka ringan dan berat.

"2 orang yang meninggal adalah Ibu Masnauli Hasibuan dari kloter 09 Medan (KNO 09) dan Iti Rasti Darmin dari kloter JKS 23," ujar Fidiansjah.

Fidiansjah mengatakan, calon haji yang meninggal akan segera diurus oleh Maktab terkait pemakaman sesuai dengan standar di Arab Saudi.

Selengkapnya...

5. 52 Orang Dikabarkan Tewas Akibat Crane Jatuh di Masjidil Haram

52 Orang dinyatakan tewas setelah sebuah crane jatuh di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi. Demikian pernyataan otoritas pertahanan sipil Arab Saudi.

Seperti disebutkan Breaking News BBC, Sabtu (12/9/2015), otoritas pertahanan sipil melalui Twitter-nya menyebutkan, sekitar 30 orang diduga terluka akibat runtuhnya alat tersebut.

Selengkapnya...

(Ans/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini