Sukses


Ketua MPR Sampaikan Duka Mendalam untuk Korban Tragedi Mekah

Ketua MPR Zulkifli Hasan juga menyampaikan simpati yang mendalam terhadap para korban cedera tragedi Mekah.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan menyampaikan duka yang mendalam atas musibah yang menimpa ratusan jemaah yang akan menunaikan ibadah haji. Termasuk 2 calon haji Indonesia yang meninggal dunia dan puluhan menderita luka-luka akibat jatuhnya crane atau alat berat di Masjidil Haram, Mekah, Jumat 11 September lalu.

Kepada para keluarga korban yang meninggal dunia, Zulkifli mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya. "Dan kepada keluarga korban yang menderita luka-luka, saya menyampaikan simpati yang mendalam dan berdoa semoga cepat sembuh, serta dapat menunaikan ibadah haji. Amin," ucap Zulkifli dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu malam 12 September 2015.

Sebuah crane di Mekah jatuh saat terjadi hujan badai yang menerpa kawasan tersebut. Peristiwa tersebut terjadi pada Jumat 11 September 2015 sore sekitar pukul 17.00 waktu setempat.

Namun terkait data korban jiwa secara keseluruhan masih simpang siur hingga kini. Data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menyebutkan korban jiwa 107 orang, sedangkan korban luka lebih dari 200 orang.

Petugas haji pun memastikan belum ada tambahan korban jiwa dari jemaah calon haji Indonesia akibat jatuhnya crane di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi. Hingga saat ini jumlah korban jiwa asal Indonesia masih 2 orang.

"Kami sampaikan jumlah korban wafat dan rawat inap jemaah haji Indonesia sampai hari ini, 12 September 2015 pukul 13.00 waktu Arab Saudi, dari total kemarin 31 jemaah yang dirawat di Arab Saudi, 2 yang wafat," ujar Kepala Daerah Kerja Mekah Arsyad Hidayat dalam jumpa persnya di Arab Saudi, Sabtu kemarin. (Ans/Vra)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini