Sukses

3.300 Polisi Amankan Konser Bon Jovi

Ribuan personel itu terdiri dari gabungan antara Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Band legendaris, Bon Jovi, akan menggelar konser di Jakarta, malam ini. Kepolisian Daerah Metro Jaya menyiagakan 3.300 personel untuk mengamankan konser yang diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta Pusat itu.

Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Martuani Sormin mengatakan ribuan personel itu terdiri dari gabungan antara Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Pusat.

"Anggota akan disiagakan sejak Jumat siang, karena konser akan mulai pukul 20.00 WIB," kata Martuani di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis 11 September 2015.

Dia menjelaskan, anggota kepolisian juga akan mengatur tata parkir kendaraan yang akan memadati lahan parkir GBK. Dia berharap kendaraan dapat tertampung di wilayah dalam GBK sehingga tak tumpah ke jalan dan mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

"Kita usahakan tidak ada kendaraan pengunjung yang terparkir di jalan atau memakan badan jalan. Karena itu menimbulkan kemacetan. Apalagi hari Jumat yang biasanya lebih padat (arus lalu lintas) dibanding biasanya," ujar Martuani.

Kasubdit Pendidikan dan Rekayasa Lalu Lintas Direktorat Lantas Polda Metro Jaya AKBP Ipung Purnomo mengimbau agar para pengguna jalan tidak melintasi kawasan Senayan di sore hari, jelang konser dimulai. Dia pun mengaku belum memastikan penerapan rekayasa lalu lintas diberlakukan, karena tergantung situasi jalan.

"Makanya, sebaiknya para pengemudi tak mengarahkan kendaraan mereka ke kawasan Senayan di sore apalagi malam hari," kata Ipung.

Stadion Utama Gelora Bung Karno baru akan disterilisasi oleh anjing pelacak bahan peledak pada Jumat (11/9/2015) siang. Hanya sekitar 7-8 jam sebelum konser Bon Jovi yang dimulai pukul 20.00 WIB.

Kepala Sub Unit Pelacakan dan Penangkalan Unit Satwa Direktorat Sabhara Polda Metro Jaya Aiptu Siregar membenarkan hal tersebut.

"Tujuannya untuk melacak bahan peledak. 2 ekor anjing pelacak handak nanti yang kami turunkan," tutur Siregar.

Sesuai standar operasi prosedur, sterilisasi tempat keramaian dilakukan 7 atau 8 jam sebelum keramaian berlangsung. Selain menyisir lokasi konser dari handak, Unit Satwa Polda Metro Jaya juga akan menyiagakan 4 anjing pengendali massa di beberapa pintu masuk stadion untuk mencegah ketidaktertiban para pengunjung.

"Kami pasang anjing yang galak untuk pengendali massa, jumlahnya ada 4 di pintu-pintu masuk," tutup Siregar.

Band legendaris asal Amerika Serikat ini akan menyapa penggemarnya di Indonesia melalui konser di Gelora Bung Karno, Senayan, Jumat malam. Band yang digawangi Jon Bon Jovi (vokal), Tico Torres (drum), dan David Bryan (keyboard) ini terakhir kali menggelar konser di Indonesia pada 1995. (Bob/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini